Menu

PDAM Tirta Pakuan Masih Tetap Optimal Dalam Pelayanan

  Dibaca : 332 kali
PDAM Tirta Pakuan Masih Tetap Optimal Dalam Pelayanan

Kota Bogor – Rakyatbicara.co.id Penurunan debit air baku yang disebabkan pendangkalan daerah aliran sungai (DAS) Cisadane serta rendahnya curah hujan di daerqh hulu diakui PDAM Kota Bogor telah menggangfu pasokan air bersih ke pelanggan, terutama di zona III dan IV.

Namun menurut Manajer Sekretaris Perusahaan Daerah Air Minum Teguh Setiadi, kondisi ini sudah ditangani petugas di lapangan. “Alhamdulillah PDAM masih memberikan pelayanan dengan optimal, meski debit air baku beberapa pekan terakhir menurun cukup drastis, dari rata-rata 1700 liter per detik menjadi 1550 liter perdetik. Penurunan kekuranggannya sekitar 100-150 liter per detik,” ujar Teguh.

Namun menurutnya, petugas dari direktorat tehnik dari mulai management Produksi, NRW Transmisi dan Distribusi serta Perawatan terus bekerja sepanjang waktu untuk memastikan pasokan air bersih ke pelanggan supaya optimal. Dua minggu lalu, petugas melakukan pengerukan lumpur di DAM Intake Ciherang Pondok. Petugas NRW, Transmisi dan Distribusi menguras jaringan pipa agar jalur tidak terhambat material atau pun pipa bocor.

Sedangkan untuk zona VI, kondisinya sekarang antara debit air baku dari sumber mata air Kota Batu dengan jumlah pelanggan sudah tidak seimbang. Kapasitas produksi mata air Kota Batu 70-80 liter perdetik sudah tidak seimbang dengan sekutar 7000an pelanggan di zona 6. Maka dari itu sejak tahun 2015? PDAM tidak menerimanya lagi permohonan pemasangan Baru khusus Masyarakat di Zona 6.

“Langkah selanjutnya kita, sedang mengurus sumber mata air baru untuk menambah kapasitas produksi di zona VI. Insya Allah kalau sudah selesai, pelayanan di zona VI akan makin baik. Dan PDAM bisa menambah jumlah pelanggan lagi,” ujar Teguh.

Mantan Kepala Sub Bagian Hukum ini juga menambahkan, jika ada gangguan saluran PDAM siaga untuk mengirim air dengan bantuan armada mobil tangki dengan kapasitas 3000 hingga 4000 liter, sesuai kebutuhan warga setempat. (yn).

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional