Menu

Tim Verifikasi Tinjau Kampung IVA RW 08 Kelurahan Cilincing

  Dibaca : 358 kali
Tim Verifikasi Tinjau Kampung IVA RW 08 Kelurahan Cilincing
Jakarta – RakyatBicara.Co.Id
Sejumlah inovasi dilakukan jajaran Puskesmas Kecamatan Cilincing bersama unsur terkait untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat mengenai betapa pentingnya melakukan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) agar terhindar dari ancaman kanker serviks.
Adapun inovasi yang telah dijalankan di wilayah Kecamatan Cilincing diantaranya tim detektif, Dengan melibatkan tim medis yang sudah dilatih khusus tentang IVA test dan pemeriksaan payudara klinis (Sadanis), kader gerakan peduli wanita (rakanita), pemberian pin rakanita, Ladys Car, Kampung IVA, stiker keluarga sadar IVA, klik, aplikasi IVA e-rakanita, kartu cantik dan media informasi atau sosialisasi tentang IVA dan Sadanis.
Kami semua mendukung langkah deteksi dini kanker leher rahim dan payudara bagi kaum perempuan. Pemeriksaan sejak dini itu sangat penting, jangan tunda lagi karena ini untuk kesehatan kita sendiri,” jelas Wawan Budi Rohman, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Utara didampingi Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Rosnawati dan pejabat terkait lainnya. Senin, (3/9/18).
Hal itu diutarakan ketika menerima kedatangan tim verifikasi di lapangan, dengan 10 program pokok PKK pelaksana terbaik IVA test di Kampung IVA di RW. 08 Kelurahan Cilincing Kecamatan Cilincing. Tim verifikasi lapangan dipimpin langsung oleh Wakil Ketua IV TP PKK Provinsi DKI Jakarta, Nani Sugiyono meninjau ke sejumlah titik untuk melihat langsung berbagai inovasi yang telah berjalan di wilayah Kecamatan Cilincing.
Hari ini, penilaiannya khusus di Jakarta Utara sebagai lokasi terakhir pelaksanaan lomba 10 program pokok PKK tingkat Provinsi DKI Jakarta. Kami datang untuk melihat langsung apakah kondisi di lapangan sesuai dengan yang disampaikan dalam paparan sebelumnya,” ujar Nani Sugiyono.
Pada tahun 2018, sebanyak 23.957 jiwa di wilayah Kecamatan Cilincing menjadi target pemeriksaan IVA. Sampai dengan Agustus 2018, sekitar 40 % dari jumlah sasaran yang ditentukan oleh Kemenkes RI tercapai yaitu 6.828 jiwa. “Peran serta dari dunia usaha juga sangat diperlukan. Seperti yang sudah dilakukan oleh pemilik UD Lestari yang mengerahkan anak buahnya untuk ikut pemeriksaan IVA di Ladys Car,” terang drg.Leni Aryani, Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing. (wbo).
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional