Menu

Buang Limbah Sembarangan Di Marunda, Pengemudi Truk Tangki Diamankan

  Dibaca : 330 kali
Buang Limbah Sembarangan Di Marunda, Pengemudi Truk Tangki Diamankan
CILINCING –  RakyaBicara.Co.Id
Sebuah truk tangki yang dikemudikan oleh AD (31), tertangkap basah sedang membuang limbah sembarangan di lahan hijau dekat aliran Banjil Kanal bkt Timur, Marunda Kepu, Kelurahan Marunda, Kecamatan, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat siang (7/9/2018).
Mobil berwarna kuning dengan kapasitas kurang lebih sekitar 1.000 liter itu diparkirkan dengan selang yang mengarah ke lahan hijau tersebut. Diduga membuang cairan limbah B3 yang berwarna keruh dengan bau tidak sedap.
Truk itu dipergoki oleh pihak kelurahan dan kecamatan yang sedang melintas di kawasan itu pada siang tadi. Saya dengan teman-teman dari kelurahan termasuk kasatgasnya menemukan itu tuh. Mobil tangki lagi buang limbah, jelas Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kecamatan Cilincing, Tien Septimar, di Kantor Kecamatan Cilincing jakarta utara.
Caption: Limbah yang dibuang di lahan hijau kawasan Marunda Kepu, Jumat (7/9/2018).


Caption: Limbah yang dibuang di lahan hijau kawasan Marunda Kepu, Jumat (7/9/2018).

Tien belum bisa memastikan jenis limbah apa yang dibuang AD secara sembarangan di lahan itu. Namun, menurutnya, limbah itu berwarna keruh dengan bau tidak sedap.
Kalo cairan kimia atau bukan saya nggak bisa memastikan, itu bukan kewenangan saya, tapi memang warnanya seperti ada endapan lumpur bercampur air. Terus wanginya luar biasa tadi agak bikin sesek pernafasan,” ungkap Tien.
Setelah AD kedapatan membuang limbah,  Satpol PP Kecamatan Cilincing langsung menuju ke lokasi untuk mengamankan sopir tersebut beseta keneknya. Dengan tindakan menahan STNK, buku KIR, dan KTP dari pengemudi,” imbuh Tien.
Ketika di wawancara AD mengaku dirinya hanya menjalankan tugas saja dengan membuang limbah di kawasan itu. Pria itu mengaku baru-baru ini saja membuang limbah sembarangan di kawasan itu.
Ia pun mengklaim limbah yang dibuangnya adalah limbah dari saluran air di kawasan Marunda Center, Bekasi. Saya baru ini saja sih, baru dua hari ini. Dari selokan aja dari got, daerah Marunda Center. Saya ini disuruh pesanan, dari perorangan (bukan perusahaan),” kata AD.
AD langsung dibawa ke Kantor Kecamatan Cilincing untuk diperiksa. Sementara itu, sampel cairan limbah yang dibuang dari mobil tangkinya saat ini sudah dibawa ke Laboratorium Lingkungan Hidup Daerah (LLHD) DKI Jakarta, di Jakarta Selatan.
Pantauan RakyatBicara.Co.Id limbah yang dibuang AD sudah mengering di lahan hijau penuh rumput liar tersebut. Warna keruh dan bau menyengat terasa saat kawasan limbah itu didekati. (wbo).
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional