Menu

Tangani Bencana Sulsel, JK Tegaskan Pemerintah Tak Bergantung Bantuan Asing

  Dibaca : 105 kali
Tangani Bencana Sulsel, JK Tegaskan Pemerintah Tak Bergantung Bantuan Asing
Wapres Jusuf Kalla

JAKARTA, Rakyatbicara.co.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menegaskan, pemerintah Indonesia tidak ketergantungan dengan bantuan dari negara sahabat untuk bencana di Sulawesi Tengah. Namun, bila ada yang menyumbang, pemerintah menerimanya.

“Jangan lupa kita tidak tergantung dengan bantuan itu. Tapi, APBN kita Insya Allah masih bisa walaupun dalam keadaan seperti ini kita harus efisien,” kata JK di Kantor Wapres, Jakarta, Selasa (9/10/2018).

“Ada nanti yang memberikan, artinya kita tidak minta. Beda dengan tsunami (Aceh), tsunami itu mengharapkan bantuan. Ya kalau mau membantu kita terima,” imbuhnya.

JK menuturkan, saat ini yang paling dibutuhkan pengungsi bencana ialah peralatan rumah tangga. Namun, alat tersebut tidak mesti berasal dari negara sahabat. Justru, sambung JK, hal yang paling dibutuhkan dari bantuan negara sahabat bantuannya berupa dana.

“Kalau membantu sekarang iru deengan dana paling gampang dengan tetap menghargai bentuk barang,” imbuh dia.

JK menambahkan, mekanisme pencairan dana yang diberikan negara sahabat nantinya akan masuk ke dalam rekening negara di Kementerian Keuangan (Kemeneku). Namun, bila bantuan dana dikirimkan oleh lembaga atau NGO, maka masuknya ke Palang Merah Indonesia (PMI).

“Ya, ada dua kalau Goverment to Government (G to G) itu lewat rekening ada di Menteri Keungan, kalau NGO lewat Palang merah,” tutupnya.(ari)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional