Menu

PPSU Masuk Gorong-Gorong Angkat Lumpur Penuhi Saluran

  Dibaca : 220 kali
PPSU Masuk Gorong-Gorong Angkat Lumpur Penuhi Saluran
Jakarta, Rakyatbicara.co.id – Guna mengantisipasi genangan dan banjir petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) melakukan pengurasan saluran air di Jalan Kalibaru timur VII RT 012-013/05, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.
Pengurasan dilakukan, karena saat ini kondisi saluran penuh dengan lumpur dan sampah sehingga pada saat hujan tidak dapat menampung air.
Selain itu dengan kondisi saluran seperti itu, membuat air sulit untuk mengalir ke muara sehingga mengakibatkan saat hujan turun air akan meluap dan menggenangi sekitar.
“Makanya salah satu upaya yang kami lakukan untuk mengantisipasi genangan dan banjir di lokasi, kami langsung melakukan pembersihan,” kata Lurah Kalibaru, Suyono, Senen (15/10).
Kegiatan ini Suyono mengatakan, dalam pengerukan di saluran yang memiliki lebar satu meter dengan panjang 200 meter ini dilakukan, serta menjadi salah satu penyebab terjadinya genangan air hingga kejalan sehingga menimbulkan salauran menjadi tersebut. Makanya kami turunkan puluhan pasukan PPSU dikerahkan untuk melakukan pengerukan, menjadikan air dapat lancar, menuju ke muara dikarenakan tersumbat lumpur dan sampah.
Lanjut, Pengurasan lumpur, kami lakukan untuk antisipasi genangan mengingat saat ini musim hujan. Kami juga berharap kepada warga masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dan jangan membuang sampah sembarangan terutama pada saluran,” Unjar.
Sementara itu, Kasi Ekonomi, Pembangunan dan Lingkungan Hidup, Jamhari menambahkan dalam pengerukan ini para petugas masuk ke dalam saluran dan gorong-gorong. Sebab jika tidak dilakukan dipastikan akan kesulitan untuk mengangkat sampah maupun lumpur yang ada didalam saluran tersebut.
“Saya berharap dengan dikeruknya lumpur, maka air dapat mengalir lancar dan saluran juga dapat menampung air lebih banyak hingga kawasan tersebut dapat bebas dari genangan dan banjir pada saat hujan,”tambah Jamhari.
Kasi EPLH ini juga mengatakan, bahkan saluran tersebut memang menghubungan sejumlah lokasi yang ada di Kalibaru. Jika ini kondisinya penuh dengan lumpur dan menghambar air makanya sejumlah wilayah akan tergenang dan banjir.
Apalagi kondisi Kalibaru merupakan daerah di pinggir pantai dan di bawah permukaan air laut. Makanya saluran harus tetap bersih sehingga air akan dapat mengalir dengan bebas tanpa ada hambatan. (wbo).
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional