Menu

Masykur Desak Ada Blue Print Pemulihan Pasca Bencana 

  Dibaca : 119 kali
Masykur Desak Ada Blue Print Pemulihan Pasca Bencana 
Palu, Rakyatbicara.co.id – Ketua Fraksi NasDem DPRD Sulawesi Tengah, Muhammad Masykur, desak pemerintah segera menyiapkan Blue Print penanganan pasca bencana gempa, tsunami dan likuifaksi. Blue Print ini yang akan jadi panduan kerja dari tingkat perencanaan, pelaksanaan hingga hasil yang diharapkan.
Tanpa itu mustahil kerja pemulihan baik pada tahap rehabilitasi maupun  rekonstruksi mampu dicapai secara baik. Mengingat tingkat kerusakan akibat bencana tersebut sangat besar, kata Masykur. Selasa (16/10/2018).
Nyaris tidak ada aspek yang menjadi penopang penghidupan warga yang tidak terkena dampak, semua jadi lumpuh dan hancur. Sehingga pendekatan kerja pemulihan  mesti terintegrasi, multi sektor, efektif dan tidak boros.
Menurut Masykur, Di masa tanggap darurat ini saya kira pemerintah sebagai stakeholder kunci sudah bisa sambil jalan melakukan inisiasi teknis sebagai langkah awal. Bisa dimulai dengan mengkoordinasikan seluruh stakeholders yang saat ini cukup banyak berpartisipasi melakukan respon cepat atas bencana yang terjadi. Dan yang terpenting adalah menggerakkan seluruh mesin birokrasi yang dimiliki. Mesin pemerintahan ini sudah saatnya move on dan bangkit bergerak.
Kita tidak ingin pasca tanggap darurat kondisinya masih tetap ditemukan hal yang sama, miskin koordinasi dan tidak jelas siapa melakukan apa, dan dimana. Kita ingin setiap tahapan masalah dapat dipulihkan berdasarkan tahapan pemulihan pasca bencana.
Hal demikian bakal sulit dilakukan tatkala tidak terbangun cara pandang dan langgam kerja yang sama antar para pihak.
Dari semua itu prinsip kerjanya adalah  bersama rakyat melewati masa krisis dan kembali hidup normal, unjar  Masykur. (Red)
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional