Menu

Menkum Ham RI Resmikan Kampus Kehidupan Dan Perpustakaan Digital Di Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang

  Dibaca : 173 kali
Menkum Ham RI Resmikan Kampus Kehidupan Dan Perpustakaan Digital Di Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang
Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly. (Rakyatbicara.co.id)
Tangerang, Rakyatbicara.co.id – Dalam UU No 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan tertulis bahwa setiap narapidana memiliki hak atas pemenuhan Pendidikan. Inilah yang menjadi dasar atas dibangunnya Kampus Pendidikan dan Perpustakaan Digital di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pemuda Kelas IIA Tangerang.
Kampus hasil kerjasama antara Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) dan Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang (UNIS) tersebut hari ini (18/10) diresmikan oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly.
Pendidikan itu hak dasar warga negara yang harus dipenuhi oleh negara. Itu merupakan amanat konstitusi kita. Tidak terkecuali bagi para narapidana yang sedang kehilangan kemerdekaannya di dalam Lapas, ujar Yasonna H. Laoly.
Sebanyak 33 narapidana dari seluruh Indonesia berkesempatan mengikuti program ini usai lulus seleksi ketat yang telah diselenggarakan oleh Ditjen PAS bekerjasama dengan UNIS.
Selanjutnya, narapidana yang terpilih akan menempuh pendidikan di Fakultas Hukum UNIS selama 4 (empat) tahun sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi untuk Program Sarjana (S1). Kedepannya, para narapidana terpilih ini tidak hanya menerima pendidikan sarjana saja, tetapi juga akan mendapatkan pendidikan profesi advokat hingga lulus.
Besar harapan kami supaya mereka nantinya dapat aktif dalam organisasi bantuan hukum pro-bono sehingga dapat menjadi penasihat hukum atau kuasa hukum bagi saudara-saudara mereka yang saat ini tidak berkesempatan mengikuti kuliah di Kampus Kehidupan,” kata Yasonna H. Laoly. (humaskumhambanten/Red).
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional