Menu

Mengenang Hari Pahlawan Kantor Walikota Hening Selama 60 Detik

  Dibaca : 159 kali
Mengenang Hari Pahlawan Kantor Walikota Hening Selama 60 Detik
Wali Kota Jakarta Barat, H Rustam Effendi Pimpin Upacara Pada Peringatan Hari Pahlawan, RakyatBicara.co.id.
Jakarta, RakyatBicara.co.id –  Mengenang Hari Pahlawan Wali Kota Jakarta Barat, H Rustam Effendi pimpin upacara pada peringatan hari pahlawan di halaman kantor Walikota Jakarta Barat. Upacara peringatan hari pahlawan ditandai pengibaran bendera merah putih serta mengheningkan cipta selama 60 detik dan diiringi suara sirine. Sabtu (10/11).
Dalam Upacara peringatan hari pahlawan, diawali dengan pengibaran bendera merah putih. yang dilaksanakan oleh pasukan pengibar bendera (paskibra) Jakarta Barat. dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta  mengheningkan cipta yang diikuti bunyi sirine selama 60 detik.
Membacakan sambutan Menteri Sosial RI, Agus Guwimang Kartasasmita, Walikota Jakarta Barat, H. Rustam Effendi mengatakan, setiap tahun pada tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati hari Pahlawan. Peringatan ini dilakukan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya, pada 73 tahun silam, yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.
Pada bulan November, ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Para syuhada, bangsa tersebut telah mewariskan negara kesatuan RI yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya, katanya.
Lanjut, Prosesi peringatan hari pahlawan, khususnya upacara pengibaran bendera merah putih, serta mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik, yang dilaksanakan saat ini juga serentak dilakukan di seluruh pelosok tanah air, bahkan perwakilan negara republik Indonesia di luar negeri.
Selain mengheningkan cipta, upacara peringatan hari pahlawan ini juga diisi dengan menyanyikan lagu nasional yang dibawakan oleh paduan suara  SMA 112. Mereka menyanyikan, lagu surabaya dan pada pahlawan.
Dalam kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia.
Peringatan hari pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna. Bukan hanya sebagai prosesi namun subtansi setiap peringatan hari pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.
Upacara yang diikuti aparat sipil negara Pemkot Jakbar, kepolisian-TNI, para pelajar, dan legiun veteran Indonesia, berlangsung lancar dan penuh khidmat. (hdr/wbo).
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional