Menu

Pemerintah Akan Terapkan Pungutan Biaya Sampah Di Daerah Wisata

  Dibaca : 127 kali
Pemerintah Akan Terapkan Pungutan Biaya Sampah Di Daerah Wisata
Jakarta, RakyatBicara.co.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mewacanakan pengenaan pungutan biaya untuk penanganan sampah, khususnya di daerah-daerah tujuan wisata.
“Dalam pengenaan pungutan biaya yang Nanti akan ada pertemuan lanjutan untuk sampah ini, rencananya akan ada model untuk penanganan sampah. Kota-kota yang menjadi tujuan turis seperti Bali, Labuan Bajo, kita bisa bikin pungutan untuk sampah di sana,” katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat 30/11).
Ia mencontohkan, dalam hal ini biaya pengelolaan sampah bisa dikenakan dengan nilai sekitar 10 dolar AS bagi turis asing dan satu dolar AS untuk turis domestik untuk mendukung pengelolaan sampah.
“Nantinya dana tersebut dipungut langsung oleh hotel, agar bisa dikelola langsung oleh Pemda setempat,” tambah dia.
Luhut mengatakan, pemerintah memberikan perhatian serius pada permasalahan sampah plastik. Beberapa pemerintah daerah sudah menerapkan kebijakan untuk mengurangi sampah plastik.
Saat ini sudah ada delapan kota yang membatasi penggunaan kantong plastik. Bali bahkan tidak hanya melarang penggunaan kantong plastik, tetapi juga sedotan plastik.
Pemerintah juga mendorong penyediaan alternatif pengganti plastik. “Kami sedang mencari penggantinya, seperti plastik dari bahan baku singkong. Memang biayanya masih tinggi, tapi ini wajar karena permintaannya masih sedikit,” katanya. (Red)
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional