Menu

Jokowi Resmikan Tol Bocimi, Setelah 21 Tahun Mangkrak

  Dibaca : 133 kali
Jokowi Resmikan Tol Bocimi, Setelah 21 Tahun Mangkrak

Bogor, Rakyatbicara.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Jalan TolCiawi-Sukabumi Seksi 1 yakni dari Ciawi hingga Cigombong (15,3 Km). Mantan Walikota Solo ini mengaku heran mengapa Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) bisa mangkrak hingga 21 tahun. Pembangunan tol dengan total panjang 54 kilometer ini sedianya dimulai pada 1997

“Penetapan lelang tol Bogor-Ciawi-Sukabumi ini sudah ditetapkan tahun 1997. 1997. Saya tidak tahu kenapa harus memakan waktu 21 tahun untuk memulai ini,” ujarnya dalam acara peresmian ruas tol Ciawi-Cigombong di Gerbang Tol Cigombong-1, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/12).

Tak hanya itu, tol Bocimi juga sempat beberapa kali berganti investor. Mulai dari Konsorsium Bukaka Teknik Utama, Bakrie Group, hingga MNC Group. “Sudah ganti investor, saya sudah tidak bisa ngitung berapa kali,” kata dia.

Karena itulah pada 2015 lalu, akhirnya PT Waskita Karya (Persero) Tbk, melalui anak usahanya, Waskita Toll Road, mengambil alih proyek ini. “Kemudian 2015 kita ambil alih, mengambil alih dengan negosiasi yang alot. Baru awal 2016 betul-betul di lapangan kontruksi pembebasan lahan bisa dilakukan,” tandasnya.

Nantinya apabila Tol Ciawi-Sukabumi (54 Km) sudah beroperasi penuh maka dapat menjadi jalan alternatif menuju Jawa Barat bagian Selatan terutama bagi angkutan logistik yang selama ini harus berhadapan dengan kemacetan pada ruas jalan Ciawi-Cigombong-Cicurug-Cibadak. Tol Ini akan memangkas jarak dan waktu tempuh Bogor-Sukabumi yang berjarak sekitar 67 km bila melalui jalan arteri, dari semula sekitar 4,5 hingga 5 jam menjadi sekitar 40 menit.(red)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!





Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional