Menu

452 Rw Se-Jakut Diberikan Pelatihan Pendamping Rembuk

  Dibaca : 178 kali
452 Rw Se-Jakut Diberikan Pelatihan Pendamping Rembuk
Jakarta, RakyatBicara.co.id – Untuk meningkatkan kualitas, menciptakan masyarakat dalam konteks, mengolah, menyusun, dan menyampaikan aspirasi kebutuhannya di dalam forum Musrenbang. Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara pelatihan pendamping pelaksana Rembuk Rw Tahun 2019 sebagai rompas RKPD Tahun 2020.
“Pelatihan hari ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas proses Musrenbang di Provinsi DKI Jakarta dalam rangka mewujudkan Jakarta yang maju dan Bahagia Warganya dengan meningkatkan kemampuan masyarakat untuk dapat mengidentifikasi masalah, menyusun kebutuhan dan menentukan kegiatan untuk penyelesaian masalah berdas6arkan urutan prioritas yang disintegrasi bersama di lingkungan RW, “jelas Syamsuddin Lologau, Walikota Jakarta Utara saat membuka pelatihan pendamping Rembuk RW di Ruang Fatahillah, Kantor Walikota Jakarta Utara, Senin (10/12).
Dalam pelatihan pendamping Rembuk Rw merupakan tindaklanjut dari Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 118 Tahun 2018 tentang Pencapaian Musrenbang Tahun 2019. “Kegiatan ini menjadi sangat penting karena akan mempengaruhi proses yang ada dalam setiap jenjang musim musrenbang Tahun 2019 sebagai bahan masukan penyusunan pra rancangan awal RKPD Tahun 2020, “terangnya.
Ia menghimbau ke para pelaku agar materi yang sesuai, mudah dipahami, faktual dan menarik. Untuk seluruh peserta pelatihan agar dapat digunakan dengan penuh semangat, tanggung jawab dan kritis karena pekerjaan yang dilakukan ini akan terlihat atau berubah dari kinerja yang optimal sesuai dengan kebutuhan dan sifat yang berlaku.
“Semoga dengan melaksanakan kegiatan ini merupakan langkah awal agar proses dan hasil musrenbang secara keseluruhan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat kota Jakarta Utara,” harap Walikota.
Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Utara, M.Arief menjelaskan, pelaksanaan kegiatan dilakukan selama 6 hari mulai dari tanggal 10 sampai 18 Desember 2018. Kegiatan ini melibatkan 21 pelatih dan 452 orang peserta pelatihan yang merupakan perwakilan warga di setiap lingkungan RW se Jakarta Utara. “Pelatihan olahraganya adalah hasil perekrutan pendamping yang dilakukan kelurahan pada bulan November lalu,” ujarnya.
Sedangkan tujuan diadakannya kegiatan pelatihan ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang proses pembangunan dan proses pelaksanaan Rembuk RW. Kemudian membahas tentang tugas dan fungsi pendamping Rembuk RW dan juga teknik fasilitator, teknik penggalian aspirasi warga, teknik faslitasi rembuk RW dan pendampingan proses masukan hasil Rembuk Rw. (wbo).
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!





Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional