Menu

Ratusan Kader Rakanita Dan Duta Supri Ajak Masyarakat Cilincing Periksa IVA

  Dibaca : 322 kali
Ratusan Kader Rakanita Dan Duta Supri Ajak Masyarakat Cilincing Periksa IVA
Jakarta, RakyatBicara.co.id – Ratusan kader gerakan peduli wanita (Rakanita), duta suami peduli rahim istri (Supri), petugas kesehatan dan daerah di Kecamatan Cilincing melakukan pawai cegah kanker leher rahim atau serviks. Saat berkunjung ke kampung, peserta pawai dan selebaran tentang penyakit serviks dan himbauan untuk segera melakukan pemeriksaan pemeriksaan IVA di pelayanan kesehatan terdekat.
“Segera periksakan kesehatan leher rahim kita dengan tes IVA karena itu penting sekali. Tidak usah ragu dan takut, semua itu untuk kesehatan kita sendiri. Lebih baik kita mencegah dari mengobati,” himbau Rosnawati Lologau, Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Utara I PKK Jakarta Utara, Wakil Ketua I TP PKK Jakarta Utara, Yenny Sunarti Ali, Ketua TP PKK Kecamatan Cilincing, Ira dan Camat Cilincing, Purnomo yang ikut serta dalam pawai cegah kanker serviks di Kantor Camat Cilincing, Jumat (14/12).
Kanker serviks dapat Ubah kesehatan kaum perempuan hingga korban kematian. Oleh karena itu, jajaran Puskesmas Kecamatan Cilincing bersama-sama memungkinkan untuk mengeluarkan tes kesehatan melalui tes IVA.
Juga jajaran Puskesmas Kecamatan Cilincing membuat berbagai inovasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan. “Inovasi kita disebut Detektif Rakanita atau deteksi aktif gerakan peduli wanita yang merupakan kolaborasi antara petugas kesehatan yang bertindak sebagai detektifnya dan kader posyandu sebagai Kader Rakanita,” terang drg. Linda Ariyani, Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing.
Sedangkan perangkat dalam program Detektif Rakanita yaitu mobil layanan keliling kesehatan wanita (Lady’s Car) untuk pemeriksaan keliling ke pelosok kampung yang dilengkapi dengan tenda dan televisi. Kemudian stiker yang bertuliskan Keluarga Sadar IVA dan Kartu Cantik (Catatan Terapi Kesehatan Wanita) bagi wanita yang sudah bersemangat IVA.
Selanjutnya, pembentukan Kader Rakanita dan Duta Supri di setiap RW, Kampung Idola sebagai kampung percontohan IVA dimana warganya dibina untuk peduli kesehatan wanita, kampanye pawai IVA keliling kampung, penyebaran leaflet dan brosur waspada IVA, aplikasi  pemeriksaan IVA di swalayan, pasar dan kampung nelayan dan KBN.
Tak hanya itu saja, Puskesmas Kecamatan Cilincing juga menjalin kerjasama dengan fasilitas kesehatan swasta, Beberapa CSR dan LSM. “Kita tidak bisa bekerja tetapi membutuhkan kolaborasi yang harmonis dengan semua jenis untuk penanganan kanker serviks. Sebagai langkah pertama yaitu mengajak kaum wanita untuk ikut tes IVA agar dideteksi sejak dini,” ungkap Dr.Leny. (wbo).
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional