Menu

Camat Sukaraja Lantik Anggota BPD’ Tiga Belas Desa 

  Dibaca : 608 kali
Camat Sukaraja Lantik Anggota BPD’ Tiga Belas Desa 
Bogor, RakyatBicara.co.id – Acara Pelantikan anggota BPD (badan permusyawaratan desa) sekecamatan sukaraja 13 desa tahun 2019-2025. Bertempat di Aula Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor, kamis (27/12/18).
Acara Yang di hadiri oleh Camat Sukaraja, Kapolsek Sukaraja, Danramil dan tiga belas kepala desa.
“Acara Pelantikan ini di pimpin langsung oleh Camat Sukaraja Drs. R Makmun Nawawi, M,Si mengatakan, dari 13 desa yang di lantik yakni anggota BPD (badan permusyawaratan desa)”.
Camat Sukaraja DRS. R Makmun Nawawi atau sering di sapa ADEN dalam sambutanya mengatakan, ia mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara, dalam proses pelantikan BPD sekecamatan sukaraja ini acara berjalan lancar dan tertib.
Lanjut Camat, juga berpesan kepada kepala desa yang terpilih dan dilantik sebanyak tiga belas desa ini, semoga kedepannya bisa membantu dan membangun desa untuk lebih baik serta kepedulian terhadap lingkunganya.
“BPD merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Anggota BPD adalah wakil dari penduduk berdasarkan keterwakilan wilayah, bersama kades (kepala desa). fokus menegakkan peraturan, menggerakkan dan mengeluarkan aspirasi masyarakat. dengan demikian maka, pemerintah di tuntut untuk mampu memperpartisipasi peran aktif masyarakat dalam proses pembangunan”, ujar camat.
Ma’mun menambahkan, badan permusyaratan desa mempunyai kewenangan yaitu dengan membahas rancangan peraturan desa bersama kepala desa, melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan desa dan peraturan kepala desa, mengusulkan pengadaan, pemberhentian kepala desa dan membentuk panitia pemilihan kepala desa, ujarnya.
Dalam kesempatan ini Camat makmun nawawi, mengingatkan dan meminta perhatian terhadap anggota bpd agar bekerja dan laksanakan tugas sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi serta tugas berdasarkan peraturan perundang undangan yang telah di atur dalam undang-undang tahun 2014, kemendagri No 110 tahun 2016 dan perda kabupaten bogor no 2 tahun 2017.
BPD merupakan mitra pemerintahan desa, untuk itu harus dapat membangun komunikasi sekaligus bersenergi dan melakukan koordinasi, konsulidasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dalam gran desain pembangunan kabupaten Bogor. (AS).
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional