Menu

Hujan Deras Selam 3 jam 183 Rumah Terendam Banjir Di Rawa Terate Cakung

  Dibaca : 322 kali
Hujan Deras Selam 3 jam 183 Rumah Terendam Banjir Di Rawa Terate Cakung
Jakarta, RakyatBicara.co.id – Rumah pemukiman warga Jalan Krama Yudha RT 010/05, Rawa Terate, Cakung, Jakarta Timur terendam banjir setinggi satu meter.
Hujan deras yang menguyur jakarta utara ini sehingga banjir tersebut datang Dampaknya, ada sebanyak 183 rumah yang terendam banjir.
Sejak siang tadi, banjir sudah mengenangi rumah warga membuat aktivitas warga terganggu, bahkan beberapa warga berupaya menyelamatkan barang berharganya ke lantai dua rumah milik warga.
Ketua Rt 10 Rw 05, Rawa Terate, Cakung, Jakarta Timur, Datam Darmadi mengatakan bahwa banjir yang terjadi sejak hujan deras menguyur wilayahnya hingga malam ini. Sehingga limpahan air kali Cakung Lama meluap hingga ke pemukiman warga.
“Hujan yang mengguyur hingga menimbulkan Banjir ini dari jam 1, hingga tadi jam 3 sore. Kalau di sini dataran tinggi 80 centimeter, yang ujung kampung sana sekitar 1 meter dalemnya,” ujar Datam, Senin (3/11).
Diungkapkan Datam, bahwa banjir yang terjadi di kawasannya bukan yang pertama kali yang terjadi di Pemukiman warga Jalan Krama Yudha Rt 010 Rw 05, Rawa Terate, Cakung, Jakarta Timur terendam banjir.
Banjir merupakan langganan warga ketika kali Cakung Lama meluap, Namun banjir yang terjadi kali ini masih belum terlalu parah. ia menyebut bahwa banjir yang terjadi karena Kali Cakung Drain naik, sehingga debit air kali Cakung Lama ikut naik.
“Terjadi banjir sudah sering, ini justru banjirnya belum begitu parah, kalo parah itu bisa lebih dari 100 centimeter, belum lagi yang dekat kali itu paling dalem. Ini memang kalo curah hujan tinggi naik, penyebabnya Kali Cakung Drain naik pasti kemari,” ujarnya.
Walau pun sudah ada pengerukan sejak beberapa bulan yang lalu, Datam mengaku berharap ada solusi untuk mengatasi permasalahan banjir yang terjadi di wilayahnya tersebut. Dengan begitu masyarakat tidak lagi khawatir jika curah hujan tinggi akan adanya banjir.
“Dengan pengerukan beberapa bulan lalu sudah dilakukan, tapi itu bukan solusi tetap bakal banjir. Kalo kita sih pengennya ada pompa untuk di ujung sana (cakung drain). Karena disana bendungan kali rendah, jadi tidak sampe maksimal habis. Jadi harus ada pompa, sekarang cuma ada pintu air. Tapi mungkin bisa aja dibangun turap di kalinya,” ucapnya. (wbo).
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional