Menu

Pemkot Jakut Siapkan Ribuan Karung Pasir Untuk Antisipasi Banjir Rob

  Dibaca : 91 kali
Pemkot Jakut Siapkan Ribuan Karung Pasir Untuk Antisipasi Banjir Rob
Jakarta, RakyatBicara.co.id – Pemerintah Kota Jakarta Utara menyiapkan ribuan karung pasir dan menyiagakan petugas untuk mengantisipasi banjir rob yang timbul akibat fenomena alam gerhana bulan total dan supermoon.
Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara telah menyiapkan sebanyak 5.000 karung pasir untuk antisipasi rob di pesisir Jakarta.
“Untuk persiapan dari Sudin SDA di setiap kecamatan masing masing ada 1.000 karung pasir. Sementara di gudangnya sendiri ada 5.000 karung pasir,” kata Ali, Senin (21/1/2019).
Selanjutnya petugas akan menempatkan karung-karung pasir itu pada bibir pantai jika sewaktu-waktu rob terjadi dengan ketinggian yang signifikan. Pompa mobile juga akan disiagakan menghadapi banjir rob.
“Camat dan Lurah sudah diperintahkan untuk memonitor wilayah hingga kondisi normal. Wilayah yang terdampak signifikan biasanya di Kecamatan Penjaringan,” katanya.
Sementara itu untuk wilayah lainnya di Jakarta Utara tergolong aman dari rob. Namun demikian Ali mengimbau kepada warga agar tetap waspada menghadapi fenomena alam tersebut.
“Jadi ketika ada kejadian, masyarakat tahu apa yang harus diperbuat. Kita juga telah menyiapkan posko pengungsian di setiap kelurahan. Tapi kita harap itu tidak sampai terjadi,” tutupnya.
BMKG telah mengeluarkan peringatan dini terkait fenomena gerhana bulan total dan supermoon dimana wilayah pesisir seperti Jakarta Utara akan berdampak rob pada sejumlah bibir pantai. (wbo).
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional