Menu

Penanganan Sampah Di Kali Cakung Drain Oleh Petugas Kebersihan UPK Badan Air

  Dibaca : 532 kali
Penanganan Sampah Di Kali Cakung Drain Oleh Petugas Kebersihan UPK Badan Air
Jakarta, Rakyatbicara.co.id – Penanganan sampah di kali Cakung Drain menggunakan alat berat excavator amphibious sumitomo SH10, sampah setiap harinya terangkut sekitar 10M3, dan kalau musim hujan perharinya bisa mencapai 10-20M3.
Pekerja di kali cakung drain ini adalah PJLP UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup Prov DKI Jakarta, sebagai ketua regu adalah surana mantan ketua RW dan pengawas Alat Berat Jhonny Malau. Beginilah cara UPK Badan Air dengan cara menyekat sampah dengan kubus apung HDPE supaya tdk terbawa ke laut.
Kali Cakung Drain, Cilincing yang kini kondisinya sudah bersih dan rapih, pembersihan sampah di kali ini setiap harinya dilakukan oleh petugas kebersihan UPK Badan Air menggunakan dua unit perahu dan satu unit Excavator Amphibious ini dilakukan karena dikhawatirkan jika terjadi hujan tidak dapat manampung air sehingga akan menimbulkan banjir dan genangan. Jumat, (25/1/2019).
Dalam pembersihan selain melakukan dengan manual petugas juga mengerahkan alat berat jenis excavator amphibious untuk mengangkat sampah dari sekatan ke penampungan sampah sementara sebelum di muat ke mobil truk, ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan sampah di dalam kali. Pembersihan dimulai dari Jembatan Tinggi KBN sampai ke Muara Cakung Drain di kawasan Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Cilincing Jakarta Utara.
Lurah Semper Timur Cahyo Hudoyo ketika monitoring ke Kali Cakung Drain Cilincing mengatakan, sampah yang ada di kali itu kebanyakan dari sampah rumahan yang berada di bantaran kali wilayah Kelurahan Semper Timur.
Lurah juga sangat mengapresiasi kinerja para petugas kebersihan UPK Badan Air yang selalu siaga menjaga dan membersihkan kali walaupun disaat hujan.
Surana sebagai ketua regu di lokasi cakung drain mengatakan, dua unit perahu dipakai untuk menyisir sampah sampai ke laut. Hasilnya lumayan banyak juga yang lolos dari sekatan kita ambil lagi.
Pengawas alat berat UPK Badan Air wilayah cilincing Jhonny Malau mengatakan, kita sengaja menurunkan alat berat karena volume sampah di kali cakung drain lumayan banyak, apalagi kalau musim penghujan seperti saat ini. Terlebih sampah banyak berada di bawah rumah warga yang posisinya menjorok ke kali. Dan apabila musim kemarau sampah juga akan mengeras dan menimbulkan sedimentasi,” ujarnya.
 Menurut Surana ketua regu, pembersihan sampah di Kali Cakung Drain ini sepanjang sekitar 5 kilometer. Yakni mulai dari jembatan tinggi Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Marunda hingga ke muara Cakung Drain di kawasan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cilincing. Kami membagi jadi tiga titik dalam membersihkan sampah di aliran kali ini. Masing-masing titik dilakukan oleh empat PHL.
Dalam pembersihan ini pihaknya tidak pernah mengenal lelah demi terwujudnya Jakarta Bersih, ujarnya. (wbo).
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional