Menu

Kampung Proklim Sunter Jaya Jadi Percontohan Nasional

  Dibaca : 315 kali
Kampung Proklim Sunter Jaya Jadi Percontohan Nasional
Jakarta, RakyatBicara.co.id – Program Kampung di Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara mendapat tanggapan positif dari Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyied Baswedan. Hal tersebut sebagai bukti kolaborasi dalam membangun perkampungan di DKI Jakarta.
Anies menyempatkan diri untuk berkunjung ke kampung itu, yang berlokasi di Rt 13 Rw 01 Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (2/1).
Kunjungan dilakukan usai mengecek Stasiun Pompa Sunter Selatan terkait penyebab busa di Kali Item.
“Ini bukti nyata kolaborasi dalam membangun perkampungan. Bahwa pemerintah mendukung yang dikerjakan oleh warga, kemudian inisiatifnya dilakukan bersama-sama, dan kolaborasinya warga, civil society, bahkan ada private sector juga yang terlibat,” kata Anies, saat ditemui di kawasan Rt 13 Rw 01, Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara.
Anies menyaksikan sendiri, bahwa kampung itu ditata secara mandiri oleh warga, dengan bantuan aktivis civil society dari Institute for Transportation and Development Policy (ITDP). Kedepannya, kampung tersebut pun akan menjadi salah satu kampung percontohan yang akan diikuti kampung lainnya.
“Kita menyaksikan bahwa warga itu bisa memberikan solusi-solusi praktis yang dihadapi di kampungnya. Dan kuncinya adalah pemerintahnya memfasilitasi, Tut Wuri Handayani. Kami akan lakukan ini di banyak tempat dan dari pengalaman ini diperluas,” jelasnya.
Sementara itu, Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim menambahkan, penataan kampung di Jakarta Utara akan terus digalangkan. Menciptakan gerakan masyarakat untuk berkolaborasi dengan pemerintah dan swasta, sehingga menghasilkan penataan perkampungan.
“Di setiap kelurahan kita ada satu kampung percontohan. Namun levelnya berbeda-beda. Ada yang terbaik, sedang proses, ada yang sudah levelnya untuk lomba, baik tingkat provinsi maupun nasional. Salah satunya tingkat nasional yaitu kampung ini,” tutupnya. (wbo).
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional