Menu

Warga Keluhkan Adanya Biaya Tebusan Sertifikat Dalam Program PTSL

  Dibaca : 320 kali
Warga Keluhkan Adanya Biaya Tebusan Sertifikat Dalam Program PTSL
Bogor, Rakyatbicara.co.id – Pendaftaran tanah sistimatis lengkap (PTSL) di wilayah Desa Pasir Jambu Kecamatan Suka Raja Kabupaten Bogor mengundang kekecewaan  warganya, ketika itu surat sertifikat terbit para pemohon harus menebus sejumlah Rp, 2.500.000,- hingga Rp 4.000.000,- rupiah tergantung luas tanahnya.
Dugaan pungutan tersebut dilakukan oleh pihak Desa yang sudah di kordinasikan kepihak perangkat dibawahnya Rt dan Rw Pemerintahan Desa (Pemdes) setempat.
Menurut keterangan dari salah satu warga yang tidak mau disebut namanya mengatakan, merasa kecewa dengan adanya pungutan uang sebesar itu, bahkan sertifikat miliknya yang sudah terbit diharuskan menebus uang sebesar Rp, 4.800.000, kalau saya tidak punya uang terpaksa sertifikat di buat jaminan. “Ungkap dengan nada kesal kepada awak media.
“Iya pak saya punya tanah dengan luas 500 meter namun di mintakan uang sebesar Rp.4.800.000,- , dengan dalih tanah milik saya tersebut Akte Jual Beli (AJB) masih atas nama Suami saya, padahal secara aturan itu kan hanya tinggal balik nama aja, dan menurut setaf desa “kalau tidak sanggup saya disuruh bikin SKTM”, tuturnya.
Berarti itu bikin pusing masyarakat saja, ungkap narasumber yang enggan nama dan alamatnya di publikasikan tersebut. “Belum lagi waktu pendaftaran diawal kita dimintakan uang administrasi sebesar Rp. 250.000,- katanya untuk pengecekan dan pengukuran”, Kamis (28/2/2019).
“Inikan sudah keterlauan besar pungutannya, mungkin kalau jelas aturannya saya pun juga ihklas untuk membayarnya, tegasnya.
Sementara itu Hendi selaku kasie pembangunan (kasiepem) Desa Pasir Jambu saat di konfirmasi menjelaskan, saya tidak mengetahui adanya hal pungutan uang sebesar itu, mungkin saja warga tersebut dari dengan bentuk surat – suratnya belum ada Akte Jual Beli (AJB)nya, Ucap hendi.
Hendi juga menjelaskan Desa Pasir Jambu mendapatkan kuota pada tahun 2018 untuk PTSL sebanyak 1500 bidang, akan tetapi dari seribu dua ratus serifikat yang sudah jadi dan di terima oleh warga yang mendapatkan, tinggal tiga ratus sertifikat yang masih dalam proses, sebab masih ada yang salah pengukurannya, sehingga masih dalam proses dan itupun sudah saya serahkan ke pihak RT masing-masing.
Hendi juga menambahkan, untuk lebih jelasnya ini semua, biar Pak Kades saja yang memberikan jawabannya secara menyeluruh, Uangkap Hendi.
Sementara itu Kepala Desa Pasir Jambu Wahyu saat dikonfirmasi Rakyatbicara.co.id senin (25/2/2019) berdalih tidak tau dengan adanya pungutan – pungutan yang terjadi tersebut.
“Saya tidak tahu bang, jika ada pungutan tersebut, namun ia memgakui jika untuk uang administrasi awal sebesar Rp.250.000 itu memang ada, tapi bagi warga yang memang betul – betul tidak mampu kami menggratiskan dengan catatan membuat SKTM.
Terkait informasi adanya Pungli kalau memang ada kebenaran nya seperti itu saya akan tindak lanjut dengan memanggil Rt ataupun Rw untuk dipertanyakan kebenaran info tersebut” Ucap Wahyu.
Untuk diketahui, Pemerintah melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Menteri Dalam Negeri, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor: 25/SKB/V/2017, Nomor: 590-3167A Tahun 2017, Nomor: 34 Tahun 2017 tentang Pembiayaan Persiapan Pendaftaran Tanah Sistematis.
Surat Keputusan Bersama (SKB) ini di tanda tangani oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan A. Djalil, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, pada tanggal 22 Mei 2017 di Jakarta.
Dalam SKB ini diputuskan, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional menetapkan jenis kegiatan, jenis biaya dan besaran biaya yang diperlukan dalam pelaksanaan persiapan pendaftaran tanah sistematif lengkap (PTSL) sebesar Rp.150.000. (Asim).
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional