Menu

Pemkot Jakarta Utara Gencarkan Penghematan Energi Listrik Dan Air

  Dibaca : 166 kali
Pemkot Jakarta Utara Gencarkan Penghematan Energi Listrik Dan Air

Jakarta, Rakyatbicara.co.id – Pemerintah Kota Jakarta meminta penghematan energi listrik dan air pada seluruh kantor pemerintahan. Hal ini sebagai bentuk kesadaran terhadap menipisnya sumber daya alam (SDA) yang ada bumi.

Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Lingkungan Hidup (Asekbang LH) Jakarta Utara, Suroto menerangkan, sosialisasi kian digencarkan dengan berhasil pada Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 172 Tahun 2014 tentang penghematan energi dan udara. Khusus untuk diterapkan pada seluruh Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) dengan target penghematan 20 persen penggunaan energi listrik dan 10 persen penggunaan udara.

“Hari ini kita kembali mengingat seluruh jurusan UKPD, hingga kecamatan dan kelurahan yang menggunakan energi listrik,” terang Suroto, saat ditemui di Kantor Walikota Jakarta Utara, Jumat (15/3/2019).

Secara teknis, penghematan energi listrik dan udara ini dapat diterapkan dalam kategori empat. Untuk menghemat listrik, antara lain mematikan lampu penerangan jika ruangan tidak terpakai, mematikan lampu ruang tamu jika tidak ada tamu berkunjung, mengurangi penggunaan lampu assesoris, menggunakan saklar otomatis untuk lampu taman, koridor dan teras.

Untuk menghemat udara, antara lain dapat dilakukan dengan cara menggunakan seperlunya udara, membuka keran udara separuh pergantian udara yang keluar tidak berlebih, mengganti keran bocor, merawat pipa udara, keran dan penampungan udara dengan baik.

Untuk sistem tata udara, antara lain diletakkan di ruang kerja terbuka (koridor), ruang kerja tertutup dengan suhu ruangan ber-AC pada suhu 25-27 derajat celsius, ganti AC jika ruangan tidak digunakan, buka AC satu jam sebelum jam kerja berakhir .

“Sementara untuk peralatan kerja utama, antara lain mengoprasikan satu lift pada hari Sabtu dan Minggu, menggunakan produk dan teknologi hemat energi, mengaktifkan daya TV ruang tunggu tamu jika tidak digunakan, mengubah pengering tangan (baca: pengering tangan) di toilet, mencabut charger handphone jika tidak digunakan, ”ungkapnya.

Dia juga menghimbau masyarakat untuk melakukan penghematan energi dan udara tersebut. Selain itu, dalam waktu dekat juga akan diperingati Hari Air Sedunia pada 22 Maret 2019 dan 22 April 2019 mendatang.

“Untuk itu kita juga menghimbau masyarakat untuk senantiasa membeli energi listrik dan air ini. Tidak menggunakan energi dan air jika tidak benar-benar dibutuhkan untuk kebutuhan primer, ”tutupnya. (wbo).

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!





Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional