Menu

Dukung Proses Belajar 12 Tahun, Pemkot Jakut Terus Lakukan Data Penerima KJP Plus

  Dibaca : 142 kali
Dukung Proses Belajar 12 Tahun, Pemkot Jakut Terus Lakukan Data Penerima KJP Plus

Jakarta, Rakyatbicara.co.id – Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus adalah program strategis Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk membantu biaya sekolah anak hingga tamat SMA/SMK. Dan pada KJP Plus Pemprov DKI meningkatkan fasilitas atau manfaatnya dari KJP sebelumnya.

Kabag Kesejahteraan Rakyat Darmawan mengatakan jika semuanya dikumpulkan sebagai monitoring dan evaluasi KJP dimana di 2019 ini ada KJP Plus. “Agar Kita mendapatkan realisasinya atau gambaran seperti apa KJP Plus tersebut, dimana ke depannya bisa dijadikan sebagai bahan sosialisasi buat warga,” katanya di Ruang Rapat Seko II Kantor Walikota Jakarta Utara, Jumat (29/3/2019).

Sementara Kasi Pendidikan Dasar (Dikdas) Dan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Salikun mengatakan sasarannya adalah warga DKI Jakarta usia 6-21 tahun, baik yang sudah sekolah maupun Anak Tidak Sekolah (ATS) atau putus sekolah. “Bertempat tinggal dan bersekolah di DKI Jakarta. Dan yang terpenting berasal dari keluarga tidak mampu,” katanya.

Untuk kelebihan KJP Plus sendiri, Salikun menerangkan jumlah dana yang diterima siswa untuk setiap jenjang pendidikan lebih besar dibanding KJP sebelumnya. “Ada juga tambahan ongkos transportasi dan uang saku. Sebenarnya KJP sebelumnya sudah ada, tapi bentuknya ongkos Transjakarta gratis, namun itu sering dipertanyakan oleh orang tua bagaimana cara ke halte Transjakarta jika tidak punya ongkos,” terangnya.

Tambahan lainnya, Salikun mengatakan buat siswa kelas XII ada juga tambahan uang sebesar Rp500 ribu untuk persiapan ujian masuk perguruan tinggi untuk SMA atau Biaya Sertifikasi Profesi untuk SMK. “Menggunakan KJP Plus juga bisa gratis masuk beberapa tempat rekreasi dan edukasi, serta belanja pangan murah,” katanya.

Hingga saat ini, untuk mendukung proses belajar 12 tahun pendataan buat penerima KJP Plus 2019 Tahap I di Jakarta Utara masih terus dilakukan, dimana prosesnya baru sampai angka 886.163 dari target jumlah penerima sebanyak 872.024. (wbo).

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional