Menu

Gagal Panen & Terjerat Tengkulak, Petani Rorotan Gulung Tikar

  Dibaca : 283 kali
Gagal Panen & Terjerat Tengkulak, Petani Rorotan Gulung Tikar

Jakarta, Rakyatbicara.co.id – Puluhan petani di Kawasan Rorotan, Cilincing Jakarta Utara terancam gulung tikar lantaran tak ada kepedulian dari pihak Sudin Terkait. Bahkan sejak dua tahun terakhir ini tak ada kegiatan penyuluhan maupun bentuk sosialisasi serta bantuan lainnya.

“Petani Rorotan ini ibarat sudah jatuh tertimpah tangga. Gagal panen akhir tahun 2018, terjerat hutang tengkulak hingga tak ada kepedulian dari SKPD terkait” kata Abdul Kodir Ketua Gabungan Petani Rorotan (Gapoktan) Jakarta Utara, Selasa (12/3/2019).

Bahkan mesin bajak milik petani banyak yang hilang di curi oleh maling.

Ditambahkan, Abdul Kodir saat ini pertanian di Rorotan banyak yang vakum. Lantaran tak ada lagi yang peduli dengan nasib petani.
“Dua tahun lalu kita sering dapat undangan penyuluhan, bantuan bibit maupun pupuk” kata Abdul Kodir.

Abdul Kodir salah satu yang mendapatkan penghargaan petani terbaik Indonesia tahun 2007 dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Atika dan Jumadi diantara puluhan petani Rorotan “meminta dan mengharapkan dari Pemerintah DKI Jakarta.”

Untuk memperhatikan ‘nasib para petani dan masa depan keluarganya’. “Kalau bisa ada bantuan bibit dan pupuk ataupun bantuan lainnya. Supaya kami bisa bercocok tanam dan menanam padi kembali” tungkasnya.

Saat ini terdapat 270 petani penggarap tergabung di Gapoktan dan ada 420 Hektar lahan persawahan. Namun 10 persennya milik lahan pribadi, sisanya milik pengembang, ujarnya. (wbo).

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional