Menu

Dinas Perindustrian Dan Ketenaga Kerja Sosialisasi Diklat P-IRT

  Dibaca : 46 kali
Dinas Perindustrian Dan Ketenaga Kerja Sosialisasi Diklat P-IRT

Aceh Timur, Rakyatbicara.co.id – Pengrajin dan pengusaha industri kecil di Kabupaten Aceh Timur mengikuti pelatihan Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT), di Aula MPU Aceh Timur, Kamis (02/08/2019).

Diklat ini merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan sertifikasi industri P-IRT (Pangan Industri Rumah Tangga).

Kepala Dinas Perindustrian, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Aceh Timur, Drs. Zulbahri, M.AP, secara langsung membuka sekaligus memberi pengarahan kepada para peserta diklat.

Diklat P-IRT bertujuan agar pelaku usaha mampu memproduksi pangan yang aman dikonsumsi tidak menggunakan bahan pengawet yang berbahaya bagi kesehatan, mampu menyiapkan sistem jaminan mutu atau keamanan pangan mampu menjaga higienis dan sanitasi sarana P-IRT.

“Setelah mengikuti diklat ini, saya mengharapkan kepada semua peserta untuk mengajukan P-IRT agar produknya dapat dipasarkan secara legal.

“Setiap produk masyarakat khususnya makanan wajib memiki P-IRT yang dikeluarkan oleh intansi terkait karena harus aman dikonsumsi oleh masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, masih para pelaku usaha yang belum memahami pentingny P-IRT. Padalah, dengan adanya P-IRT merupakan salah satu persyaratan untuk memperoleh izin usaha industri rumah tangga pangan.

“P-IRT adalah bentuk pengakuan pemerintah terhadapa makanan yang layak edar jadi harus dimiliki oleh setiap palaku usaha industri rumah tangga,” tambahya.

Diharapkan dengan diklat ini, pelaku dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan SDM, peningkatan legalitas usaha melalui fasilitas perizinan dan sertifikasi usaha sehingga tersedia UKM yang memiliki legal aspek usaha. (Iwan).

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!



Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional