Menu

ITHB Mengutamakan Pendidikan Karakter

  Dibaca : 32 kali
ITHB Mengutamakan Pendidikan Karakter

Jakarta, Rakyatbicara.co.id – Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) didirikan pada tahun 2002 di bawah naungan Yayasan Petra Harapan Bangsa. Visi ITHB adalah menjadi perguruan tinggi yang dikenal dalam skala regional sebagai lembaga yang mendidik pemimpin masa depan yang memiliki potensi berstandar global, karakter unggul, dan komitmen pada panggilan untuk membawa perubahan positif di tengah masyarakat dan Bangsa.

Dengan motto; “Karier Global. Jalur Cepat, ITHB Bandung telah menghasilkan ribuan lulusan yang sukses bekerja dan berkarier di berbagai perusahaan nasional maupun Internasional serta di instansi dan perusahaan milik Negara karena karakter yang dimilikinya.

ITHB memiliki misi menyelenggarakan pendidikan tinggi yang relevan dengan kebutuhan industri, menyebarluaskan penelitian yang relevan untuk mendukung pembangunan, menyelenggarakan program pengabdian masyarakat yang menjawab kebutuhan masyarakat, Menyelenggarakan pelayanan rohani untuk mempersiapkan calon pemimpin yang berkomitmen untuk menjadi terang bagi bangsa dan Menghasilkan lulusan yang berani menegakkan kebenaran, dan lulusan Kristen yang mampu menjadi garam dan terang Kristus melalui profesinya masing-masing.

Dijelaskan Pdt. Bersih Tarigan, bahwa lulusan ITHB selain kemampuan akademis dan ketrampilan, utamanya adalah memiliki karakter yang baik. “Di ITHB mengutamakan pendidikan karakter. Jadi pribadi yang pantang menyerah, jujur, kreatif dan bertanggungjawab yang semua itu karena didasari takut akan Tuhan,” ujar Ketua Yayasan Petra Harapan Bangsa dalam sambutannya pada acara pelantikan dan serah terima bantuan mahasiswa penerima beasiswa di Aula Kampus ITHB, jalan Dipati Ukur No.80-84, Bandung, Jabar, Kamis (15/8/2019).

Tarigan berharap, dibutuhkan generasi yang berkarakter baik untuk pembangunan Bangsa ini ke depan. Menurut dia, terpuruknya suatu Bangsa karena warganya memiliki karakter yang buruk. Pengetahuan dan skill penting, akan tetapi jauh lebih penting pembentukan karakter yang baik,” ujarnya.

Disisi lain sebagai Rektor Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) Dr. Samuel Tarigan, MBA memaparkan, penilain kepada mahasiswa utamanya dari prilaku dan tanggungjawab. Di sini (ITHB), komunikasi antara dosen dan mahasiswa sangat mudah aktif. Kalian silahkan lihat dan membuktikan sendiri perilaku mahasiswa di sini, mereka sangat sopan dan santun. Di sini mereka diajar untuk punya kepekaan terhadap lingkungan, mereka bersihkan sendiri ruang belajar dan pungut buang sampah yang mereka temui, katanya.

Dijelaskan Samuel, ada beberapa program beasiswa kepada mahasiswa dari jalur “Gerakan Gereja Belajar” dan Jalur Prestasi Olah Raga. Untuk mendapatkan beasiswa tersebut tidaklah mudah, hal utama yang menjadi penilaian adalah karakter dan kepribadian mahasiswa.

Untuk jalur Gerakan Gereja Belajar ada rekomendasi dari gereja asal mereka, utamanya, bagi yang aktif pelayanan di gereja. Kita (ITHB) menerima calon mahasiswa peraih beasiswa dari berbagai denominasi gereja, jelasnya.

Dicontohkan Samuel, ada beberapa contoh mahasiswa lulusan ITHB yang berprestasi di kariernya diantaranya, Fellicia mahasiswa tahun 2017 jurusan Media dan Internet Teknologi (MIT) juara 1 Nasional Innovation 2018, 3 orang mahasiswi magang di Pelindo Tanjung Priok yang dipertahankan untuk dipekerjakan, Kevin Juan berprestasi di IndoOne (Authorized Distributor Exon Mobil) dan Kevin Owen yang terpilih mengikuti Google Could 2018 di Malaysia. Felicia masuk tahun 2017 belajar tak sampai setahun sudah berprestasi di tahun 2018, sedangkan Owen jadi salah satu yang terpilih dari ribuan pesaing dari berbagai kampus di dunia ikut Google could 2018 di Malaysia. Tim basket ‘Arrows’ ITHB baru-baru ini juara nasional, jelasnya.

Disisi lain kata Samuel melanjutkan, ada 11 mahasiswa peraih beasiswa dari jalur prestasi olah raga. “Nah prestasi dari kakak angkatan (alumni dan senior), diharapkan memberikan inspirasi positif terhadap adik angkatan, sehingga memacu mereka dalam mencapai prestasi akademik maupun non akademik,” harapnya. (parulian).

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!



Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional