Menu

Clean Up Jakarta Day Tahun 2019 Di RW 02 Kelurahan Kapuk

  Dibaca : 146 kali
Clean Up Jakarta Day Tahun 2019 Di RW 02 Kelurahan Kapuk

Jakarta, Rakyatbicara.co.id – Kebersihan sebagian dari Iman. itulah pesan yang selalu dicamkan dalam menjaga diri dan lingkungan tempat kita tinggal. Berangkat dari sanalah bisa dilihat apakah dalam diri ini sudah bersih atau belum, baru kita bicara di lingkungan kita sendiri. Hal ini pun terlihat di dalam Kerja Bakti dalam rangka Clean Up Jakarta Day tahun 2019 Kelurahan Kapuk di RW 02 Kelurahan Kapuk, Minggu (25/8/2019).

Hadir tim monitoring Kecamatan, Lurah Kel. Kapuk, Sekkel Kel. Kapuk, Para Kasi Kel. Kapuk, para Staf Kel. Kapuk, Babinsa Kel. Kapuk, Satpol PP Kel. Kapuk, PKK Kel. Kapuk, Ketua dan Pengurus Dasawisma, Kel. Kapuk, PPSU dan PJLP Kel. Kapuk, RPTRA Kel. Kapuk, RW 02, LMK Kel. Kapuk, Para Ketua RT 01 sampai 12 RW 02 Kel. Kapuk, waga masyarakat RW 02 kurang lebih 300 orang. Juga sudah disiapkan Satana dan prasarana diantaranya, mobil truk sudis kebersihan 1 buah, hilux 1 buah, germo 5, gerobak sampah 10. Adapun agenda dalam Clean Up jakarta Day tahun 2019.

Pengumpulan sampah sampah 10 M3, Non organik kardus 9 kg, botol 100 kg, jumlah 109 kg, residu 2 M2. Adapun menindak lanjuti surat Kecamatan Cengkareng No. 478.1799.3 tentang pemberitahuan pelaksanaan kerja bakti Clean Up Jakarta tahun 2019 menggerahkan masyarakat untuk melakukan kerja bakti pemilahan sampah organik dan sampah anorganik, mencatat volume sampah organik dan anorganik. Juga Melaporkan hasil kegiatan tersebut ke Camatan Cengkareng sesuai format disertai foto kegiatan.

Dalam keterangan Ujang Sungkawa M.Si Lurah Kelurahan Kapuk memaparkan, bahwa diadakan Clean Up Jakarta Day tahun 2019 serentak dilakukan seluruh DKI Jakarta. Dimana agenda acara ini pemilihan Non organik dan residu yang mana dikumpulkan dan akan dilihat-lihat jumlahnya setelah semua terkumpul.

Setelah itu, nanti langsung disalurkan ke Bank sampah. “Dan kegiatan ini langsung dilaporkan ke Camatan Cengkareng sesuai format disertai foto kegiatan selambatnya pukul 9.30 Wib, diusahakan tidak melaksanakan pengerukan lumpur,” ujarnya dihadapan para pengurus RT 1 hingga 12 RW 02 Kelurahan Kapuk Minggu (25/8/2019).

Ujang mengucapakan terimakasih kepada tim monitoring Kecamatan, Lurah Kel. Kapuk, Sekkel Kel. Kapuk, Para Kasi Kel. Kapuk, para Staf Kel. Kapuk, Babinsa Kel. Kapuk, Satpol PP Kel. Kapuk, PKK Kel. Kapuk, Ketua dan Pengurus Dasawisma, Kel. Kapuk, PPSU dan PJLP Kel. Kapuk, RPTRA Kel. Kapuk, RW 02, LMK Kel. Kapuk, Para Ketua RT 01 sampai 12 RW 02 Kel. Kapuk, warga masyarakat RW 02 bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan di RW 02 khususnya, imbuhnya.

Senada Uraian Ujang, Kasi Ekbang Kecamatan Cengkareng Supardi, menjelaskan, bahwa untuk kerja bakti, kapuk juaranya. “Yang saya pantau selama 2016, mudah mudahan irama ini terus dipelihara RW RW dan RT, saya yakin di bawah kepimpinan Ujang Sungkawa dan ibu lurah,” katanya.

Dijelaskan Supardi, hari ini RW 02 beserta jajarannya mengadakan Celan Up Day tahun 2019 Intinya adalah, kerja bakti. bukan hanya memmbersihkan lingkungan, tetapi mulai memilah-milah sampah sampah organik dan sampah anorganik juga residunya. Sampah organik yang bisa di daur ulang dimafaatkan untuk pupuk dan lainnya. Dan sampah anorganik botol-botol.

“Jadi nanti terpisah berapa berat masing-masing sampah itu. Sehingga sampah-sampah yang anorganik itu tidak perlu di buang ke bandar gebang. Bisa di masukan ke bank sampah. Yang nggak bisa dibuang baru di kirim ke bandar gebang. Kalau saat ini bandar gebang, mungkin kalau tidak ada upaya dari sekarang 2022 tidak bisa menampung sampah lagi. Setiap hari sampah itu 7000 ton Jakarat Barat Lokasi hanya 100 hektar.

Inilah salah satu upaya pemerintah untuk mengendalikan sampah mulai dari sumbernya ada pemilihan. Mulai dari rumahtangga, maka dikreluarkan lah SE Peraturan Sekda No 69 tahun 2019 Clean Up Day Jakarta. Sehingga nantinya pelaporan kegiatan hari ini langsung dilaporkan langsung ke kecamatan dan pihak kecamatan yang melaporkan ke tingkat kota,” jelasnya.

Dari hasil Kerja bakti tersebut terhitung pengumpulan sampah sampah 10M3, Non organik kardus 9 kg, botol 100 kg, jumlah 109 kg, residu 2 M2. (Parulian).

Editor:
KOMENTAR

1 Komentar

  1. Funny



Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional