Menu

Pemda Halut Launcing Mahia Sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Tenaga Kerja

  Dibaca : 155 kali
Pemda Halut Launcing Mahia Sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Tenaga Kerja
Halut, Rakyatbicara.co.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS) bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Melaunching Desa Mahia, Kecamatan Tobelo Tengah sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Selasa (27/08/2019).
Launching dilakukan langsung Bupati Halut Ir. Frans Manery, di dampingi Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sulawesi – Maluku, Toto Soharto, dan dihadiri Asisten 1 Bidang Pemerintahan Pemkab Halut, Drs Erasmus Josehp Papilaya, Kepala Dinas PTSP Jesaya Tidore, perwakilan Dinas Ketenagakerjaan, Camat Tobelo tengah, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tobelo, dan kepala desa sekecamatan Tobelo Tengah.
Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sulawesi-Maluku Toto Soharto dalam laporannya mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu program pemerintah yang merupakan penyelenggara jaminan sosial di Indonesia. Ia meyebutkan, ada 4 layanan yang dikelola BPJS ketenagakerjaan, yakni jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun.
“Pada bulan Agustus di tahun ini kami BPJS ketenagakerjaan melakukan kegiatan yang sama serentak di seluruh wilayah Indonesia,” ucapnya.
Ia juga menjelaskan dipilihnya Desa Mahia, kecamatan Tobelo tengah, sebagai desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan karena desa tersebut sudah terdaftar di tenaga kerjaan dan memiliki kelompok tani serta kelompok nelayan yang sudah dilindungi oleh jaminan Ketenagakerjaan.
“Desa Mahia, kami pilih sebagai Desa Sadar yang pertama di Kabupaten Halmahera Utara” ujar Toto.
Toto juga menambahkan, Sampai dengan Juli 2019 Jumlah penduduk dengan NIK Halut yang terdaftar menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan 13.010 tenaga kerja atau sekitar 27% dibandingkan dengan potensi pekerja dari data Bappenas.
“Peserta yang telah terdaftar di KCP Halut yang wilayah kerjanya 3 kabupaten (Halut, Morotai) Sebanyak 10.427 Tenaga Kerja,” jelasnya.
Sementara itu, Bupati Halmahera Utara, Ir.Frans Manery dalam sambutannya mengatakan, launching Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Hal ini menunjukkan bahwa BPJS Ketenagakerjaan peduli mengambil bagian bersama-sama Pemda untuk membantu masyarakat di Halut.
Bupati juga berharap, dengan dilaksanakannya launching Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan dapat memberi pembinaan dan pemahaman kepada masyarakat Desa Mahia dan Desa-desa lainnya akan pentingnya sebuah jaminan sosial, untuk melindungi serta mampu mensejahterakan seluruh pekerja dan keluarganya tanpa terkecuali.
“Dengan dilauncingnya Desa Mahia, Kecamatan Tobelo tengah sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, kiranya dapat menginspirasi desa lainnya untuk  bisa ditiru oleh desa lainnya, sehingga semua warga desa sadar akan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan,” harapnya.
Setelah memberikan sambutan, Bupati melakukan pemukulan Gong sebagai tanda di launchingnya Desa Mahia sebagai desa sadar Ketenegakerjaan dan didampingi Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sulawesi-Maluku, Toto Soharto serta peresmian Gapura Desa Mahia ditandai Penandatangan prasasti dan dilanjutkan dengan Penyerahan kartu Peserta BPJS ketenagakerjaan, kartu peserta penerima upah serta penyerahan sertifikat kepesertaan dan Klaim Jaminan Kematian. (Willy).
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional