Menu

Sosialisasi Standar Kompetensi Wartawan di Aceh Timur

  Dibaca : 88 kali
Sosialisasi Standar Kompetensi Wartawan di Aceh Timur

Aceh Timur, Rakyatbicara.co.id – Dinas Komunikasi dan Informasi Aceh Timur menggelar sosialisasi Standar Kompetensi Wartawan (SKW) untuk para media yang ada di Aceh Timur, senin (26 /08/2019), dihadiri sekitar 25 wartawan dari perwakilan PWI Aceh Timur, Pesawat Aceh Timur, JMA, Kuwat, Gawat dan PWO serta media massa baik cetak maupun elektronik bertempat di aula syariat Islam.

Sosialisasi kali ini menghadirkan nara sumber yaitu ketua PWI provinsi Tarmilin Usman,SE,M.Si yang menyampaikan topik “Mengapa Standar Kompetensi Wartawan Diperlukan?.

Usman mengatakan dengan topik “Standar Kompetensi Wartawan dari Sudut Pandang Perusahaan Pers dan Standar Kompetensi Wartawan.”
Usman menyampaikan selama tahun 2010 Dewan Pers telah menerima banyak pengaduan terkait pelanggaran kode etik oleh wartawan.

Menurut Usman tercatat sebanyak 512 pengaduan 80 persen terkait pelanggaran kode etik dan adapun pelanggaran kode etik meliputi pemberitaan tidak berimbang, berpihak, tidak ada verifikasi, dan pemberitaan yang menghakimi.

Sementara itu, Ketua PWI Aceh dalam sosialisasi ini mengatakan, menurutnya ukuran pers berkualitas adalah memenuhi kriteria layak muat, disajikan dalam bahasa yang “enak” dan menjauhi berita bohong, fitnah serta disinformasi.

Ketua PWI Aceh Tarmilin yang akrab disapa “Usman” juga membicarakan tentang pemahaman Standar Kompetensi Wartawan (SKW), Disebutkan bahwa SKW adalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan atau keahlian dan sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas kewartawanan serta Sertifikat kompetensi berlaku sepanjang pemegangnya menjalankan kegiatan jurnalistik.

Ia’ memaparkan tujuan UKW ini di antaranya untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan
Menjadi acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers
Menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik
Menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan menempatkan wartawan pada kedudukan strategis dalam industri pers.

Dalam sosialisasi Standar Kompetensi Wartawan yang berlangsung setengah hari ini berjalan dinamis dimoderatori oleh Herman pegawai dinas Kominfo disusul tanya jawab antara peserta dengan para nara sumber.(Iwan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional