Menu

Sistim Perekrutan Tidak Jelas, Keluarga Kades Gulo Dominasi Tenaga Kerja  PT. Emerald

  Dibaca : 535 kali
Sistim Perekrutan Tidak Jelas, Keluarga Kades Gulo Dominasi Tenaga Kerja  PT. Emerald
Halut, Rakyatbicara.co.id – Massa Aksi yang menamakan diri Aliansi masyarakat Desa Tonuo, Kecamatan Kao Utara, Kabupaten Halmahera utara (Halut), Provinsi Maluku Utara (Malut), menggelar aksi pemblokiran jalan arah menuju Desa Warudu, Gulo, dan Dowongimaiti, Kamis (29/08/2019).
Dalam orasinya Koordinator aksi (Korlap), Djorsen Hady mengatakan aksi pada hari ini adalah aksi, protes, perekrutan tenaga kerja, yang masuk ke PT Emerald, karna diduga perekrutan tenaga kerja lokal maupun non lokal ke PT Emerald di dominasi oleh keluarga Kepala desa (kades) Gulo, Andatje Mangeteke.
“Aksi kami pada hari ini menanggapi terkait dengan sistim perekrutan tenaga kerja, dimana Pemerintah desa (Pemdes) Gulo, dalam hal ini Kades, diduga terlalu monopoli dalam perekrutan tenaga kerja, yang masuk ke PT Emerald, sehingga kebanyakan tenaga kerja yang masuk ke PT Emerald di dominasi keluarga kades Gulo,” katanya.
Menurutnya, untuk perekrutan tenaga kerja lokal maupun non lokal, yang masuk ke PT Emerald semestinya memiliki, rekomendasi juga, dari tiga kepala desa, yakni kepala desa Tonuo, kepala desa Warudu, serta kepala desa Dowongimaiti.
“Sebenarnya perekrutan setiap tenaga kerja lokal maupun non lokal yang masuk ke PT Emerald, harus memiliki rekomendasi juga dari ke tiga kepala desa, bukan hanya dari kepala desa Gulo, oleh sebab itu, kami menolak tenaga kerja yang masuk ke PT Emerald yang tanpa ada rekomendasi dari ke tiga kepala desa,” tutur Djorsen Hady.
Djorsen, menambahkan menurutnya, sesuai dengan dokumen AMDAL bahwa, untuk perekrutan tenaga kerja diutamakan tenaga kerja yang berasal, dari desa Tonuo, desa Worudu, dan desa Dowongimaiti, karna pihaknya merupakan desa yang masuk dalam wilayah administrasi kecamatan Kao utara.
Sementara itu kepala desa (Kades) Gulo Andatje Mangeteke pada saat di konfirmasi, dirinya membenarkan bahwa, sesuai dengan kesepakatan antara perusahaan PT Emerald, dan pihak masyarakat, untuk perekrutan tenaga kerja ke PT Emerald, yang lebih di prioritas oleh PT Emerald, selain Gulo juga masyarakat yang berada di tiga desa, yakni desa Tonuo, desa Warudu, serta desa Dowongimaiti.
“Ia benar sesuai dengan kesepakatan dengan perusahaan PT Emerald, seperti itu. Tapi kalau mereka mengatakan, dalam perekrutan tenaga kerja, kemudian yang lebih dominasi adalah keluarga saya itu yang tidak benar, karna untuk tenaga kerja yang saya masukan itu, kebanyakan orang-orang yang memiliki skill,” tutupnya. (Willy).
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional