Menu

Usai Peletakan Batu Pertama di PTUN, Hatta Ali Langsung Kunjungi PN Jaktim

  Dibaca : 29 kali
Usai Peletakan Batu Pertama di PTUN, Hatta Ali Langsung Kunjungi PN Jaktim

Jakarta, Rakyatbicara.co.id – Ketua Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia Prof Dr. HM Hatta Ali SH, MH hadir dalam Peresmian peletakan renovasi batu pertama Pengadilan Tata usaha Negara (PTUN) di jalan Dr. Sumarno Cakung jakarta timur pada kamis (26/9/2019).

Usai dari PTUN, hatta ali langsung menjambangi Pengadilan Negeri jakarta Timur (PN Jaktim) yang letaknya tidak jauh dari PTUN.

Adapun kunjungan Tersebut sifatnya seperti sidak, karena hatta ali juga mengecek ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang ada di PN Jaktim dan disusul berbincang diruangan kerja Ketua Pengadilan Negeri jakarta timur H. Sumino SH, MH.

Kunjungan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia di PN Jaktim disambut oleh semua Hakim dan panitera juga pegawai Pengadilan Negeri jakarta timur.

Sementara itu ketika dikonfirmasi langsung oleh wartawan, Kabag Humas Mahkamah Agung Abdullah Azis Mengatakan, yang hadir dalam acara peletakan batu pertama renovasi PTUN jaktim yaitu :

Wakil Ketua Bidang Yudisial, Wakil Ketua Non Yudisial, Ketua Kamar Militer, Ketua Kamar Tata Usaha, Ketua Kamar Pidana, Ketua Kamar Perdata, Ketua Kamar Agama Diwakilkan, Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dan Sekretaris Mahkamah Agung.

Pada Wartawan, Abdullah Mengatakan bahwa pelaksanaan pekerjaan pembangunan PTUN Intinya semua peralatan dan sarana untuk pembangunan dan alat berat sudah siap dilokasi.

Abdullah juga menambahkan, persoalan pengadilan itu tergantung dari wibawa peradilan ada ditampilan, kalau tampilannya berwibawa akan menciptakan kewibawaan tapi kalau suasana kantornya sendiri tidak berwibawa otomatis menimbulkan keruwetan dan kacau balau, Jadi orientasi utamanya adalah memberi pelayanan terhadap masyarakat sebaik-baiknya bagi pencari keadilan itu biar dipercaya oleh masyarakat.

Dan juga Memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat secara umum dan pencari keadilan melalui sistem informasi penelusuran perkara dengan cara membuka website Pengadilan, baik dari aspek kemegahannya maupun pelayanannya.

Sehingga pelayanan yang diberikan bisa maksimal kepada masyarakat yang mencari informasi. Karena Tujuan Mahkamah Agung tahun 2020 nanti, semua pengadilan seluruh indonesia harus sudah melakukan elitigasi, sekarang menerapkan dengan cara e-court.

Yakni Pengadilan ekektronik dengan persidangan dilakukan secara jarak jauh atau teleconference.

Dengan demikian peradilan sederhana cepat dan biaya ringan itu bisa diwujudkan di Indonesia.

Selama ini yang selalu jadi masalah adalah biaya besar karena dilakukan secara manual, semoga dengan cara ini akan meringankan biaya.

KPN Jaktim Sumino menambahkan, kalau kunjungan Mahkamah Agung di PN Jaktim untuk memastikan sarana dan prasarana harus baik, sehingga sistem pendataan perkara nanti per 1 januari 2020 harus e-court semua dan tidak ada manual lagi. (Rd)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!



Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional