Menu

Forum Asean-Cina, Menuju Masa Depan Bersama Antara Asean dan Cina

  Dibaca : 107 kali
Forum Asean-Cina, Menuju Masa Depan Bersama Antara Asean dan Cina

Jakarta, Rakyatbicara.co.id – The habibie Center (THC) bekerjasama dengan utusan Republik Rakyat Tiongkok untuk asean dan utusan permanen Republik filipina untuk asean menggelar the fourth jakarta forum on asean-cina relations bertajuk pembangunan tiongkok dan masa depan bersama antara asean dan cina.

Bertempat digedung sekretariat asean, direktur eksekutif the habibie center, Hadi kuntjara menyebutkan saat itu PDB tiongkok hanya USD 165 miliar, dan hari ini mencapai USD 13,6 triliun.

Hadi Mengatakan, peningkatan ini memberi tahu kita bahwa asean dan cina telah berkembang pesat selama beberapa dekade dan merupakan bukti efek positif dari membuka ekonomi mengintergrasikan diri dengan pasar global dan berkomitmen pada prinsip prinsip multilateralisme, regionalisme dan internasionalisme.

Masih kata Hadi, Asean dan cina telah makmur, akan berdampingan terus mengalami kemajuan. Oleh karena itu, peluang untuk diskusi mendalam membahas tantangan dan peluang untuk masa depan penting untuk terus dilakukan.

Duta besar Republik Rakyat Tiongkok untuk Asean Huang Xiliang mengatakan salah satu yang mendorong perkembangan pesat cina dalam 70 tahun terakhir ialah sinergi dan harmoni dengan asean dan berbagai pihak.

Selain Huang Xiliang, hadir juga sebagai narasumber dalam jakarta forum ialah Wasekjen Asean Michael tene, lalu pendiri foreign policy community indonesia (FPCI) Dino patti djalal, wakil direktur kantor untuk ilmu pengetahuan Sosial dan ilmu budaya, Universitas Peking Wang Dong, Asisten khusus direktur program dan penelitian the habibie center Wirya Adiwena serta perwakilan tetap Republik Filipina untuk Asean Noel Servigeon.

Tampak hadir dalam acara itu juga bersama duta besar cina salah satu Advokat indonesia yang diberikan kepercayaan oleh beberapa pengusaha asal Tiongkok sebagai Penasehat Hukum dalam menjalankan kerjasamanya yakni Dwi Putra Budiyanto SH, MH dan Viola Lam SH. (Rd)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!



Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional