Menu

Pemkab Lampura Mengakomodir Keinginan Sejumlah Warga Desa Sidomukti, Untuk Menpertahankan Kades Sidomukti

  Dibaca : 24 kali
Pemkab Lampura Mengakomodir Keinginan Sejumlah Warga Desa Sidomukti, Untuk Menpertahankan Kades Sidomukti
Lampung Utara, Rakyatbicara.co.id – Pemerintah Kabupaten Lampung Utara mengakomodir keinginan sejumlah perwakilan warga untuk mempertahankan Penjabat Kades Sidomukti, Kecamatan Abung Timur, Kab. Lampura, Yasir Arafat, SE., Kamis kemarin (26/9/2019).
Hal itu dipicu dari adanya wacana jika Pj. Kades Sidomukti, Yasir Arafat, akan diganti dengan penjabat lainnya.
Pj. Sekkab Lampura, Sofyan, menanggapi kedatangan warga yang menginginkan tidak ada perubahan dalam Pemerintah Desa Sidomukti, Kecamatan Abung Timur. Terhadap pergantian yang akan dilakukan dalam meningkatkan pelayanan disana.
“Ya itu menjadi pertimbangan juga, karena aspirasi rakyat adalah yang utama. Selain itu, tentunya ada pertimbangan lain yang masuk, karena segala keputusan ada pada Bupati Agung Ilmu Mangkunegara,” kata Sofyan saat diwawancarai, Jumat, (27/9/2019), di Sekretariat Pemkab. Lampura.
Menurutnya, kewenangan dalam menentukan kepemimpinan desa adalah Kepala Daerah, apalagi saat ini desa Sidomukti dijabat oleh PJ (pelaksana jabatan). Dan itu masuk dalam catatannya, selain mempertimbangkan masukan dari pihak lainnya, seperti masyarakat, camat, dan aparat lainnya.
“Yang pasti itu sudah masuk itungan dan kita coba akomodir demi untuk perbaikan dan kepentingan bersama,” terangnya.
Senada, Kepala Bidang, (Kabid) Pemerintahan Desa (Pemdes), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kab. Lampura, R. Habibie, S.STP., menyampaikan, terkait keinginan sejumlah masyarakat Desa Sidomukti, Kecamatan Abung Timur, yang beraudiensi dengan Pj. Sekkab. Lampura, Sofyan, guna meminta Pemkab setempat tetap mempertahankan Pj. Kades Sidomukti yang saat ini dijabat Yasir Arafat, pihaknya belum mendapatkan usulan ataupun permohonan berupa surat tembusan dari kecamatan setempat.
“Untuk hal itu, saya sudah mendapatkan informasinya berupa surat permohonan dan sudah sampai di meja kerja saya melalui Kadis DPMD untuk dipelajari terlebih dahulu,” kata Habibi, saat diwawancarai, Jum’at, (27/9/2019), di ruang kerjanya.
Yang menjadi persoalan, surat permohonan itu tidak mencantumkan tandatangan dari Camat Abung Timur.
“Hanya ditandatangani dan atas nama BPD setempat. Secara prosedural, semestinya masyarakat memberikan permohonan melalui pihak kecamatan terlebih dahulu. Lalu, Camat akan mempertimbangkan dan mengusulkan apa yang menjadi aspirasi dan harapan masyarakat,” terang Habibie.
Selagi belum ada surat dan/atau usulan dari Camat, kata Habibie, tentunya hal ini belum dapat diproses lebih lanjut.
“Yah, sampai hari ini, surat dari Camat Abung Timur belum masuk ke pihak kami. Saran kami, segera kepada perwakilan BPD, tokoh masyarakat dan elemen lainnya untuk berkoordinasi dengan camat terlebih dahulu,” papar Habibie. ( Lisman E)
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!



Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional