Menu

Dinsos Aceh Timur, Tingkatkan Pelayanan Kesejahteraan Sosial Dan Permasalahan Sosial

  Dibaca : 17 kali
Dinsos Aceh Timur, Tingkatkan Pelayanan Kesejahteraan Sosial Dan Permasalahan Sosial

Aceh Timur, Rakyatbicara.co.id – Tingkatkan Pelayanan Kesejahteraan Sosial Dan Permasalahan Sosial, dengan melakukan pelayanan secara langsung terhadap masyarakat penyandang disabilitas melalui upaya kunjungan sosial kesejumlah rumah warga penyandang disabilitas, kali ini dilakukan di Kecamatan Bireum Bayeun.

KepalaDinas Sosial Aceh Timur, Ir. Elfiandi, S.P1 menuturkan, kita akan terus berupaya untuk meningkatkan Pelayanan Kesejahteraan Sosial dan Permasalahan Sosial. Dalam Hydro Sepalus, Tuna Daksa, Tuna Netra, Daksa dan Wicara, penderita lumpuh layu dll.

Kunjungan ini dipimpin langsungKabid Rehabsos, Iskandar. S.Kom, bersama Kasi Rehabsos Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang, Wadi Fatimah, SH dan Kasi Rehabsos Anak dan Lansia, T.M Yusuf, dan juga mengikut sertakan Pdp Disabilitas, Cut Putri Andalia, S.Sos, Pdp Anak, Al Muttaqin, ST dan TKSK Birem Bayeun, Rabu (25/09/2019).

Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Aceh Timur, Iskandar, S.Kom menyebutkan, PPD bersama Camat Birem Bayeun, Kepala Puskesmas Birem Bayeun dan TKSK melakukan kunjungan ke Desa Paya Peulawi Kecamatan Birem Bayeun kepada Nazla Afiva (2), menderita Hydro Sepalus membuat beberapa anggota tubuhnya tidak berfungsi sehingga tidak bisa menjalankan aktivitas seperti anak lainnya.

Dalam hal ini Kabid Rehabilitasi Sosial menyebutkan akan merujuk Afiva ke RSUD Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh untuk melakukan operasi dan selanjutnya data anak akan di input ke SIMPD (Sistem Informasi Masalah Penyandang Disabilitas) oleh Pdp Disabilitas, jika memenuhi kriteria Kemensos, maka akan diberikan bantuan sesuai dengan kebutuhannya.

Pada kunjungan kedua di lakukan di Desa Alue canang kepada tiga orang penyandang disabilitas, yaitu Ikhsan Akmal (6) Tuna Daksa, tidak memiliki kaki dan tangan semenjak lahir, namun dia tetap rajin belajar dan sekolah.

Dinas Sosial Aceh Timur akan menginput pad data Ikhsan ke SIMPD, denagan mendaftarkan Ikhsan sebagai penerima Bantuan ODKB 2020 dan mengupayakan bantuan berupa kursi roda khusus anak, agar Ikhsan bisa menjalankan rutinitas sehari-hari.

Selanjutnya Irsyadul Habib (5) Tuna Netra, Daksa dan Wicara (Disabilitas Ganda). Kami akan di Masukkan juga ke SIMPD oleh Pdp Disabilitas untuk mendapatkan verifikasi dan validasi oleh kementerian, dan Dinas Sosial akan mengupayakan alat bantu khusus netra agar habib bisa menjalankan fungsi sosialnya.

Serta Farid Arkan (7) penderita lumpuh layu, Farid tidak bisa menggerakkan kaki dan tangannya, sehari-hari Farid hanya bisa terbaring diranjang, Dinas Sosial akan mengupayakan kursi roda Cerebral Palsy dan mendaftarkan Farid sebegai penerima Bantuan ODKB 2020.

Dinas Sosial Aceh Timur dalam kunjungan tersebut turut didampingi oleh Kanit Binmas Bhabinkamtibnas Polsek Birem Bayeun Saiful Ritonga, SH, dan Kepala Puskesmas UPTD Puskesmas Birem Bayeun dr. Ayu Latifah dan Bidan Desa Alue Canang, Ratna Sari, Amd.Keb serta Kepala Desa Alue Canang, Razali. (Iwan).

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!



Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional