Menu

Seleksi Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) SMA Tahun 2019

  Dibaca : 16 kali
Seleksi Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) SMA Tahun 2019
Aceh Timur, Rakyatbicara.co.id – Husaini Kepala Perwakilan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Timur melakukan seleksi   Pembinaan Sekolah Menengah Atas,  Pendidikan SMA tahun 2019.
Melaksanakan Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) yang diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa Sekolah Menengah Atas untuk menggali, mengekspresikan dan mengaktualisasikan kreativitas dan karakternya dalam bentuk sikap dan perbuatan.ungkap Husaini.
Tujuan dilaksanakan Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) antara lain adalah untuk membentuk pemimpin muda yang berkarakter, patriotik, membentuk pola pikir, sikap perilaku yang mulia, berdayaguna bagi agama, nusa dan bangsa, serta menumbuhkan kebersamaan diantara peserta yang berasal dari berbagai pelosok tanah air, melalui kegiatan-kegiatan utama, yaitu Kepemimpinan, Kedisiplinan, Kebangsaan, kreativitas, dan Kepedulian.
Pedoman Pelaksanaan Kawah kepemimpinan Pelajar (KKP) tahun 2019 dibuat dengan maksud agar pihak berkepentingan memiliki persepsi yang sama terhadap kegiatan ini, fasilitator, pendamping, peserta dan pihak terkait lainnya dapat memahami dan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.
Merujuk pada Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyatakan secara eksplisit bahwa “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.
Kondisi hasil pendidikan sebagaimana diharapkan dalam undang-undang tersebut ditempuh melalui jalur kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, yang ketiganya merupakan satu kesatuan yang harus berjalan secara seimbang dan harmonis.
Dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 tentang Pembinaan Kesiswaan, maka secara formal kegiatan yang dijalankan dalam kerangka kegiatan pembinaan kesiswaan berada dalam kendali peraturan menteri tersebut.
Ditegaskan bahwa pembinaan kesiswaan bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yang meliputi bakat, minat, dan kreativitas juga memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh negatif.
Bertentangan dengan tujuan pendidikan mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat serta menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat  madani. (IWAN).
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!



Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional