Menu

NPHD Pilkada 2020 Resmi Ditandatangani

  Dibaca : 12 kali
NPHD Pilkada 2020 Resmi Ditandatangani
Halut, Rakyatbicara.co.id –  Pemerintah Daerah (Pemda) bersama KPU dan Bawaslu Kabupaten Halmahera Utara (Halut) resmi melakukan penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 mendatang yang dilaksanakan pada Minggu 6 Oktober di Hotel Ascott Jakarta Pusat.
Penandatanganan ini dilakukan langsung oleh Bupati Halut Frans Manery, dihadiri Plh Kepala BKAD Mahmud Lasidji, Ketua KPU Muhammad Rizal, Ketua Bawaslu Rafli Kamaludin, Sekretaris KPU Najmah Kalauw, Plt Sekretaris Bawaslu John A. Buluran.
Ketua Bawaslu, Rafli Kamaludin mengatakan, penandatanganan NPHD sudah dilakukan di Jakarta dan angarannya tetap sesuai dengan persetujuan saat pertemuan sebelumnya, yakni Bawaslu sebesar Rp 10,2 Miliar dan KPU Rp 27,8 Miliar. “Penandatanganan di Jakarta karena disesuaikan dengan agenda Bupati. Namun, registernya tetap tanggal 1 Oktober 2019,” jelasnya.
Dijelaskannya, anggarannya kalau dilihat kurang signifikan, tetapi Pemda juga akan melakukan adendum jika dalam perjalanan anggaran tidak mencukupi.”Untuk pencairan anggarannya, setelah penandatanganan ini Bawaslu akan laporkan ke Bawaslu Provinsi dan melanjutkan ke KPPN. Setelah ada hasilnya Bawaslu Provinsi sampaikan dan Bawaslu Halut melakukan pengusulan pencairan anggaran,” katanya.
Sementara itu, terpisah, Sekda Halut selaku Ketua TAPD, Fredy Tjandua mengatakan sementara ini masih dilakukan pembahasan anggaran untuk pengamanan penyelenggaraan Pilkada mendatang. “Dalam pembahasan itu sudah mengerucut dan sampai angka Rp 5,8 Milyar dari Rp 8 Milyar. “Nantinya masih di bahas di DPRD,” jelasnya kepada wartawan di Tobelo.
Sementara itu, Ketua KPU Halut, Muhammad Rizal menyebutkan bahwa anggarannya nanti fleksibel karna diberikan ruang addendum sehingga tahapan dapat dibiayai jika dalam perjalanan ada peningkatan anggaran. (Willy).
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!



Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional