Menu

Harapan Baru dari Kartu Pra Kerja

  Dibaca : 21 kali
Harapan Baru dari Kartu Pra Kerja

Jakarta, Rakyatbicara.co.id – Upaya Presiden Joko Widodo supaya indonesia maju dan tidak ada satupun rakyatnya tertinggal untuk meraih cita cita dengan membangun pendidikan, meningkatkan keimanan dan karakter untuk kemajuan bangsa dinyatakan dengan mengeluarkan kartu pra kerja.

Untuk tahap awal pemerintah akan memberikan kartu pra kerja terhadap 2 juta orang mulai tahun 2020 dengan kisaran insentif yang diterima 300-500 ribu.

Insentif tersebut akan menjadi bekal bagi pengguna kartu pra kerja untuk mencari pekerjaan, sebagai contoh sebagai uang transportasi untuk mengikuti kursus atau pelatihan.

Kartu pra kerja adalah sebuah kartu yang digalang dalam rangka program pelatihan dan pembinaan warga negara indonesia yang belum memiliki keterampilan.

Kartu pra kerja bukan kartu untuk penggangguran, akan tetapi kartu diberikan pada lulusan SMA, SMK dan Perguruan Tinggi yang akan mencari kerja.

Dengan begitu lulusan sekolah atau perguruan tinggi bisa memiliki keterampilan untuk memudahkan mendapatkan pekerjaan.

Dan pemegang atau pemilik kartu pra kerja itu juga akan mendapatkan dana insentif dengan waktu yang terbatas yakni 6-12 bulan.

Kartu pra kerja ini lebih menyasar pada lulusan yang punya ketrampilan karena akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

Pemerintah pun membagi dengan beberapa kriteria tersebut dengan pendekatan yang berbeda beda.

Bagi para fresh graduate atau lulusan baru pemerintah akan memberikan program khusus agar para pekerja muda bisa mendapatkan kemampuan atau keahlian yang mumpuni.

Sedangkan bagi pekerja eksiting akan diberikan program upskilling yaitu suatu pembekalan untuk meningkatkan kemampuan agar bisa beradaptasi dengan pasar kerja.

Kemudian reskilling, ini buat korban PHK, sangat diperlukan apabila mereka berencana melakukan alih profesi.

Jadi dengan ada insentif walau dalam kurun waktu tertentu ini bisa memacu supaya pemegang kartu pra kerja ini bisa lebih semangat mendapatkan pekerjaan. (Rd)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!



Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional