Menu

Aliansi Masyarakat Peduli Hukum(AMPUH) SULTRA adakan Aksi Demo Terkait Penambangan SJSU di KONUT

  Dibaca : 300 kali
Aliansi Masyarakat Peduli Hukum(AMPUH) SULTRA adakan Aksi Demo Terkait Penambangan SJSU di KONUT

Kendari, Rakyatbicara.co.id – Tidak puas akan aksi demo di Kabupaten Konawe Utara , AMPUH SULTRA hingga melakukan aksi demo didepan Gedung Kementrian Republik Indonesia Jalan Merdeka Barat No.8 Jakarta Pusat, 25/10/2019.

Saat dikonfirmasi Presidium AMPUH SULTRA Hendro Nilopo mengatakan adapun hasil investigasi dan laporan masyarakat perihal dugaan Ilegal minning PT. SINAR JAYA SULTRA UTAMA(SJSU) di blok Boenaga Kecamatan Lasolo Kepulauan Kabupaten Konawe Utara Sulawesi Tenggara. Dimana SJSU diduga melakukan pelanggaran pertamabangn dengan cara menjual sumber daya alam tanpa izin terminal khusus(TARSUS) sebagaimana yang diatur dalam PERMENHUB No.20 Tahun 2017 tentang terminal khusus dan terminal untuk kepentingan sendiri dan UU No.61 tahun 2009 tentang Kepelabuhan.Serta diduga dalam dalam aktivitas pengangkutan dan penjualan SJSU diduga melintasi zona budidaya terumbu karang dan biota laut.hal ini bertentangan dengan UU No.32 tahun 2014 dan UU No.45 tahun 2009 tentang perikanan. Dalam hal ini merugikan negara.

Lebih lanjut presidium AMPUH SULTRA dalam tuntutan aksinya menyatakan sikap tegas yakni; 1. Mendesak Kementrian Perhubungan Republik Indonesia cq. DIRJEN Perhubungan Laut dan kepelatihan untuk turun investigasi langsung di PT SJSU yang diduga tidak memiliki izin dari kementrian perhubungan, 2. Mendesak Kementrian Perhubungan RI untuk segera mengintruksikan syahbandar setempat untuk tidak mengeluarkan surat persetujuan berlayar(SPB) PT SJSU tanpa izin terminal khusus yang jelas, 3.Mendesak Kementrian Perhubungan RI melakukan penyelidikan terhadap penerbitan izin lintas PT SJSU yang diduga bertentangan dengan UU. NO.32 tahun 2014 tentang kelautan dan UU No.45 tentang Perikanan, 4. Mendesak MABES POLRI untuk turun ke lokasi untuk menghentikan segala bentuk aktivitas PT SJSU dan memberi police line Jetty  milik PT SJSU yang diduga tidak memiliki izin atau ilegal.(Suhardi)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional