Menu

Hampir 5 Tahun Cacat Mata Muhamad Aji Belum Tersentuh Bantuan

  Dibaca : 545 kali
Hampir 5 Tahun Cacat Mata Muhamad Aji Belum Tersentuh Bantuan
Bogor, Rakyatbicara.co.id – Bermula mata gatal-gatal dan disertai rasa perih. Muhamad aji mengabaikan sakitnya. karena tidak di obati dengan seksama (semampunya), seiring dengan waktu pandangan mata saudara muhamad Aji gelap hingga saat ini.
Salah seorang warga atas nama Muhamad Aji usia 20 tahun tinggal di kampung babakan baru Rt.003 Rw.003 Desa Rumpin yang mengalami kebutaan (Cacat Mata) mengalami hampir 5 tahun dengan penyakit yang di deritanya hingga terpaksa harus putus sekolah di kelas 3 SMP (tidak berizasah), Jumat (1/11/2019).
Muhamad Aji putra ke 3 dari pasangan keluarga bapak Anang dan ibu Holis yang mendapatkan penghasilan dari ngeganjur (naik muat batu/pasir ke truk) di pangkalan.
Anang dari keluarga miskin dengan berpenghasilan 50.000/hari, tak mungkin cukup membiyayai anaknya untuk oprasi mata. apalagi tidak memiliki BPJS, apalagi akses jarak ke rumah sakit rujukan jauh pastinya membutuhkan biaya transpotasi yang mahal.

Foto Tampak Kiri Ketua Rt.003 Mulyadi Bersama Muhamad Aji.

Mulyadi ketua Rt.003 mengatakan, bahwa saudara Muhamad Aji dari keluarga bapak Anang di ikut sertakan pada BPJS (PBI). Namun sangat disayangkan Muhamad Aji tidak terdata dengan baik (nama sama alamat berbeda). Hal ini sudah di laporkan kepada semua pihak terkait, namun hasilnya tetap tidak berubah, ucap mulyadi.
Di sisi lain Ketua Masyarakat Pejuang Bogor (MPB) Atiek Yulis Setyowati mengatakan, Setelah MPB dan para pejuang militantnya terjun ke masyarakat, ternyata banyak ditemukan warga miskin yang belum tersentuh oleh Pemda. belum pernah mendapat bantuan apapun, baik dari pemerintah pusat atau rakyat biasa.
Pemerintah selalu memberikan pernyataan contohnya ” Pemerintah Menjamin Kesehatan Masyarakatnya”, Tapi Masyarakat yang mana…? Ucap Bunda atik dengan nama akrapnya.
Bunda atik juga prihatin, Banyak masyarakat tidak paham tentang banyaknya program bagus dari pemerintah tapi tidak sampai ke masyarakat. Akan tetapi mandegnya program tidak sampai ke masyarakat salah satu sebabnya mandeg di desa.
Untuk kasus Muhamad Aji ini, MPB akan turun tangan membantu pendaftaran BPJS, Penerima Bantuan Iyuran (PBI) dan membantu melaporkan ke Dinas Sosial ( Dinsos ) agar masuk di BDT ( Basis Data Terpadu) tentang kemiskinannya sekeluarga.
Dengan adanya kejadian ini MPB akan mengadakan gebrakan ke desa-desa yang rawan kemiskinan dan rawan permasalahan sosialnya setelah pilkades serentak dan RAKER nanti, kata gemuruh bunda atik kepada rakyatbicara.co.id.
Dengan berusaha dan hasil upaya untuk pengobatan, Muhamad Aji terhenti karena harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. “belum lagi jarak rumah sakit rujukan sangatlah jauh”, ke Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) Lewiliang atau pun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong.
Melihat perjalanan hampir 5 tahun dengan upanya pengobatan alakadarnya. hingga kini, pihak keluarga berharap kepada pemerintah daerah melalui dinas kesehatan dan dinas sosial untuk dapat berupaya dalam pengobatan mata Muhamad Aji. (hdr/heri).
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional