Menu

BI Ciptakan UMKM Dan Wirausahawan Unggulan Di Sultra

  Dibaca : 17 kali
BI Ciptakan UMKM Dan Wirausahawan Unggulan Di Sultra
Kendari, Rakyatbicara.co.id – Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tenggara mengadakan ON Boarding Dan Seleksi Wirausahawan Unggulan Bank Indonesia (WUBI) yang dihadiri peserta Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM) yang ada di Sulawesi Tenggara yang diadakan di Hotel Claro Kendari lantai 2 Ballroom Pinishi 3, Senin (25/11/2019).
Kegiatan ini dibuka oleh Walikota Kendari Sulkarnain Kadir, SE.MM dalam sambutannya mengatakan, dimana UMKM harus manfaatkan potensi yang ada, sumber daya alam yang dimiliki dan mengkombinasikannya dengan inovasi  untuk menjawab tantangan dengan perkembangan teknologi yang ada mendorong kita semua untuk berubah dan menjawab tantangan.
Munculnya artificial intelegent, internet of thing dan lainnya yang menuntut untuk kita bertranformasi menyesuaikan perkembangan zaman dan kebutuhan konsumen.
Untuk itu diperlukan sinergitas antar instansi harus dipererat untuk menciptakan suatu platform yang dapat digunakan bersama dalam mempercepat transformasi, meningkatkan inklusifitas perubahan dan terstruktur.
Lebih lanjut walikota kendari mengatakan, sangat mengapresiasi Bank Indonesia Perwakilan SULTRA yang menjawab tantangan dan membaca peluang tersebut dalam menciptakan UMKM dan Wirausahawan Unggulan yang merupakan salah satu langkah sinergitas antar instansi, sehingga pemerintah Kota Kendari selaku pengawas dan pembina UMKM juga kan berkontribusi memberikan bekal yang memadai dalam membimbing dan memonitoring serta menumbuhkembangkan UMKM yang ada.
Hal ini senada dengan sambutan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Propinsi  SULTRA Suharman Tabrani mengatakan salah satu kontribusi kantor perwakilan BI SULTRA dalam pengembangan ekosistem wirausaha di SULTRA adalah menyelenggarakan program Wirausahawan Unggulan Bank Indonesia (WUBI) yang nantinya peserta UMKM akan diseleksi dan akan dibina.
Melalui Business BootCamp selama 3 hari kemudian diberi pendampingan usaha yang nantinya akan diperkenalkan Business matching meeting dengan pengusaha eksportir sebagai kesempatan promosi business sehingga UMKM dapat berkembang dan maju.
Adapun materi yang dibawakan yakni materi fintech(Digital Payment), Pengenalan Aplikasi Pembukuan Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan(SI-APIK) oleh Waode Nursinta(Staff Perwakilan BI), materi kredit UMKM oleh Abdul Aziz Novianto dari  Mikro Marketing Manager BRI Syariah, Tips dan Trick berjualan online e-commerce oleh Faisal Marwan dan Kresna Prabuwara dari SME Channel specialist Blibli.com, dan materi pendampingan UMKM oleh Pelatih Indonesia. (Suhardi)
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!



Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional