Menu

PN Jaktim’ Sidang Pemeriksaan Setempat

  Dibaca : 36 kali
PN Jaktim’ Sidang Pemeriksaan Setempat

Jakarta, Rakyatbicara.co.id – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur yang Menyidangkan Perkara Perdata gugatan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) No : 243/Pdt.G/2019/PN.Jaktim yang diajukan oleh pihak Penggugat Patuan angie Nainggolan sebagai kuasa hukum kaiman bin siar Melawan Siti bakhriatin cs sebagai ahli waris M.Rosoies, Melakukan Sidang Pemeriksaan Setempat (PS), Rabu (27/11/19).

Sidang Pemeriksaan Setempat termasuk tahapan persidangan, yang mana Majelis Hakim turun kelapangan untuk melihat secara langsung kondisi (riil) terhadap objek sengketa, apakah objek sengketa yang terungkap dipersidangan sesuai dengan kondisi (riil) dilapangan.

Dalam Sidang Pemeriksaan Setempat (PS) yang berlangsung dijalan Komaruddin, Cakung Jakarta Timur, Majelis Hakim yang dipimpin oleh Antonius Simbolon, SH, MH yang didampingi Nun Suhaini SH, MHum dan juga dibantu oleh Panitera Pengganti Irsyaf Lubis, berlangsung dalam suasana panasnya terik matahari.

Sehingga dalam sidang pemeriksaan setempat yang berlangsung dengan menyusuri lokasi satu kelokasi lainnya itu sempat terjadi perdebatan antara pihak penggugat dan tergugat terkait lokasi, membuat majelis hakim yang memimpin sidang lokasi pemeriksaan menegur para pihak dan menengahinya.

“Tolong para pihak yang berkompeten, jawablah apa yang ditanya, dan jangan jawab kalau tidak ditanya, begitu ya. Nanti majelis akan bertanya apa ada yang kurang, apa ada yang ini, kami juga letih, begitu juga semuanya sama letih, apalagi ada orangtua gitu ya…? dan kita juga bukan tanpa beban ini, Oke! bisa kita mulai lagi,” kata majelis Antonius Simbolon menengahi perdebatan para pihak.

Setelah dirasa cukup dalam pemeriksaan setempat, Terakhir majelis yang memimpin sidang pemeriksaan setempat menanyakan kepada para pihak, apakah masih ada hal yang terlewatkan terkait sidang pemeriksaan setempat ini, tetapi para pihak menjawab “Sudah cukup majelis,” kata para pihak.

Sidang pemeriksan setempat akhirnya usai, dan sidang akan dilanjutkan kembali rabu pekan depan dengan agenda mendengarkan keterangan para saksi.

Usai Sidang Pemeriksaan Setempat, kami awak media mencoba mengkonfirmasi pada pihak tergugat, namun tergugat menyatakan lagi pusing dan panas. “Saya lagi Pusing, Panas,” kata tergugat.

Sementara dari pihak Penggugat lewat kuasa hukumnya Patuan angie Nainggolan menyatakan bahwa, “terkait sidang pemeriksaan setempat yang dilaksanakan hari ini terbukti sudah (jelas), termasuk saat pengadilan tata usaha negara menolak gugatannya ini karena mengenai soal girik 874 berbeda katanya dengan girik 1738, padahal itu sama lokasinya, dan sama orangnya sama pemiliknya,” ucap patuan.

“kalau girik 874 itu adalah Bhayangkari, setelah dia masuk di aplikasi jadi 1738, kalau dulu pemekaran tahun 1976 itu masih 874, setelah pemekaran dan verifikasi ke DKI Jakarta itu menjadi 1738, demikian juga girik 875 itu udah verifikasi masuk ke 2286, itu dibuktikan dengan pemeriksaan lapangan ini, jadi tidak bisa dipungkiri kekeliruan betul, menganggap berbeda girik 874 itu berbeda dengan girik 1738 yang notabene ini salah satu bukti pemeriksaan lapangan ini, atau sidang lapangan ini membuktikan bahwa girik 874 itu sama identik dengan girik 1738, perbedaannya adalah girik 874 masih Desa Bhayangkari yang belum pemekaran, 1738 sudah pemekaran dan verifikasi ke DKI Jakarta.

jadi saya pikir, soal-soal gugatan ini sudah jelas semuanya, dan kami yakin pasti di menangkan oleh majelis, karena sesuai dengan fakta-fakta yang tidak bisa lagi terbantahkan kira-kira begitu,” tegas Patuan.

“Terus juga mengenai sertifikat 177 yang direkayasa oleh bapaknya (tergugat), semua warkah warkah mengenai identitas tidak pernah ada tercatat di kabupaten Bekasi. Jadi Itu, 177 sertipikat masuk palsu, Adanya girik,” Tambah patuan lagi.

“833 enggak pernah ada, orangnya sudah meninggal. termasuk tergugat BPN Jaktim. Di THN 76 itu ada penyerahan Warkah ke BPN, tapi 177 tidak ada fakta hukum yang jelas,” pungkas patuan menutup pembicaraan. (Rd)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!



Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional