Menu

Lintas Media Kawal Pemanggilan Wartawan Oleh Penyidik Polres Kota Bogor

  Dibaca : 28 kali
Lintas Media Kawal Pemanggilan Wartawan Oleh Penyidik Polres Kota Bogor
Kota Bogor, Rakyatbicara.co.id – Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Jawa Barat melalui polres Kota Bogor, beralamat, Jalan Kapten Muslihat dengan No: 18 Nomor B/2807(XI) Res 2  5/2019/Satreskrim. Telah memangil pimpinan dan wakil pimpinan kumpas merdeka yang bernama Hero Akbar dan saudara Dodi Kurniawan terkait pemberitaan yang berjudul “Proyek Milyaran Pemkot Bogor Diduga Kuat Dimenangkan Perusahaan Beralamat Fiktif” dan Pemkot Bogor Dan Aparat Di Minta Periksa Pemenang Lelang Proyek Beralamat Fiktif Hentikan Proyek Yang Berjalan.
Saat ini Satreskrim Polresta Bogor Kota sedang melakukan Penyelidikan, terhadap adanya dugaan perkara tindak pidana UU ITE sebagaimana dimaksud dalam pasal 45 ayat 1 dan pasal Undang-undang RI No :19 tahun 2016 tentang perubahan UU RI no 11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik yang terjadi pada tanggal 1 September 2019 dan 4 September 2019.
Dengan cara terlapor diduga melakukan fitnah kepada pelapor Melalui berita yang dimuat oleh media Kupas Merdeka dengan judul berita Proyek Bermiliaran Pemkot Bogor Dimenangkan perusahaan beralamat Fiktif dan artikel yang berjudul Pemkot Bogor dan aparat diminta periksa pemenang lelang Proyek beralamat Fiktif hentikan proyek yang berjalan.
Namun dari pemanggilan yang dilakukan Polisi terhadap, transaksi elektronik, media tidak serta Merta melibatkan aparat kepolisian melainkan melayangkan surat ke Dewan pers untuk dilakukan mediasi kedua belah pihak, karena didasari Undang-undang pokok pers No.40 tahun 1999 dimana media online cetak maupun elektronik memberitakan sesuai dengan hasil konfirmasi terhadap narasumber yang berkompeten dan dilengkapi dengan alat bukti yang mendukung  seperti foto, Vedio dan alat rekaman suara.
Kami rekan rekan media, Depok, Kab. Bogor dan Kota Bogor, akan mendampingi baik secara individu ataupun Organisasi seperti PWI, PWRI, IWO yang lainya, karena kami merasa peduli, dikarnakan ranah yang ditempuh pengusaha swasta atau kontaktor yang melakukan pelaporan terhadap Polres Bogor kota.
Menurut salah pengecara kupas merdeka Ruby Palahadi SH mengatakan, Sebagai aparat yang berwenang dilwilayah hukum sepertinya menjadi pertanyaan Media ada apa dengan Polri yang saat ini sedang membangun citra pengayom masyarakat, jangan sampai menodai citra institusi Polri” Salam Pers Indonesia”, Ruby Palahadi.
Hingga kini pihak kepolisian plores kota bogor belum bisa memberikan keterangan terkait pemangilan jurnalis media kupas merdeka. (Hdr/Syd/PWRI).
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!



Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional