Menu

PELATIHAN & PENGEMBANGAN, Budidaya Ikan Lele Berbasis Industri

  Dibaca : 24 kali
PELATIHAN & PENGEMBANGAN, Budidaya Ikan Lele Berbasis Industri

Bogor, Rakyatbicara.co.id – Bertempat di lembaga pemasyarakan kelas II A Cibinong bekerja sama dengan Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan ( P2MKP ) Mina Srikandi dan bersumber dari dana Dipa anggaran semester I tahun 2020. Senin 10 februari 2020.

Pelatihan dan pengembangan budidaya ikan lele ini berlangsung selama dua hari dengan menggunakan lahan yang ada di area Lapas serta melibat atau memberdayakan warga binaan, ini di sampaikan kepala Lembaga Pemasyarakatan kelas II A Cibinong Ardian Nova Christiawan dalam penutupan pelatihan ,” ini adalah salah satu merupakan program untuk warga binaa di sini , kali ini kita bergerak di industri lele, dan program ini kita bekerja sama dengan P2MKP Mina Srikandi , Ini dengan sistem vioplog jadi memanfaatkan lahan yang tidak terlalu luas dengan cara padat tebar pada kolam diameter 4 dengan perkiraan benih maksimal bisa mencapai 5000 ekor ,” kata Ardian.

Masih kata Ardian ,” Namun pembinaan tidak kita maksimalkan dulu, karena akan kita lakukan bertahap, kita ingin mengedukasi mereka ,dari benih 2000 ekor, nanti kita lihat berapa prosentasenya jika mereka nanti berhasil meminalisir tingkat kematian benih akan kita tingkatkan 3000, 4000 sampai maksimal 5000 benih lele,” Urainya.

” Ini kenapa kita memakai sistem vioplog karena tidak membutuhkan lahak yang luas , Dengan begini kita harapkan nanti jika merej kembali ke masyarakat dan keluarganya mereka punya bekal ,mereka bisa membudidayakan lele dengan memanfaatkan lahan yang tidak terlalu luas di sekitar tempat tinggal mereka,” Harap Ardian.

“Untuk sekarang kita siapkan 9 kolam dengan daya tampung 2000 ekor benih dengan demikian 18000 ekor benih lele , semuanya melibatkan warga binaan yang akan kita jalankan dan kita tularkan kepada warga binaan lainnya, yang tentunya juga akan kita seleksi seperti kemarin ada sekitar 20 warga binaan namun kita verifikasi menjadi 5 orang saja dengan banyak pertimbangan,” tandasnya lagi.

“Dan untuk hasil panennya sendiri nanti dengan kita bekerjasama dengan P2MKP ini mereka juga siap menampung hasil panen ini nantinya ,sesuai dengan MOU yang kita buat , jadi kita tidak mikirkan Persoalan itu lagi karena mereka siap menampung dan memasarkan ,” Pungkas Kalapas.(Roni)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!



Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional