Menu

Dampak Covid – 19, Ini Penjelasan Wakil PN Cibinong

  Dibaca : 87 kali
Dampak Covid – 19, Ini Penjelasan Wakil PN Cibinong

Bogor, Rakyatbicara.co.id – Wakil ketua Pengadilan Negeri Cibinong Kelas 1A. Darius Naftali dalam bincangnya bersama Rakyatbicara.co.id dampak wabah virus vovid 19 “corona” dalam persidangan, kamis (26/3/2020)

Wabah virus Covid-19 sangat cepat penularanya namun masyarakat jangan panik, dimana penularanya bisah kita cegah bersama dengan mengikuti instruksi pemerintah sekarang ini.

Saat ditanya soal proses persidangan oleh rakyatbicara.co.id, wakil ketua pengadilan negeri cibinong “Darius Naftalia” menjelaskan proses pengadilan yang sementara waktu banya perubahan dalam proses persidanganya.

“Jadi memang dampak Covid – 19 ini harus di akui berimbas juga kepada sidang yang di gelar di Pengadilan Negeri Cibinong, dimana sidang merupakan salah satu titik berkumpulnya masyarakat dalam mengikuti proses sidang, apalagi sidang itu terbuka untuk umum,” ujarnya.

Dariuspun menuturkan, “Mahkamah Agung (MA) sudah mengeluarkan sema nomor 1 tahun 2020, yang berisi petunjuk mengenai tatacara pelayanan pengadilan dalam menghadapi dampak dari covid-19 ini antara lain adalah bahwa, untuk perkara- perkara yang bisa di tunda persidangannya maka di tunda sampai dengan 5 April atau setelahnya,” ucapnya.

“Merujuk kepada masa tanggap darurat yang di keluarkan dan di tetapkan oleh pemerintah setelah 5 April, nanti kita akan menunggu lagi intruksi dari pemerintah dimana Jika menurut pemerintah masih akan di perpanjang tentunya pengadilan harus menyesuaikan,” tambahnya.

Darius juga menambakan,“pengadilan pidana dalam hal penahanannya dari terdakwa bisa di perpanjang kita perpanjang semua, kita siap berkoordinasi dengan pihak kejaksaan, lapas dan kita siap saling mendukung untuk itu, untuk sementara kita tunda dulu sampai dengan 5 April bahkan mungkin akan lebih lagi”.

“Namun untuk perkara pidana penahannya yang sudah hampir habis dan harus di sidangkan maka kami akan tetap sidangkan, kemudian untuk jadwal masuk kerja sebagian besar sudah kami tetapkan untuk bekerja di rumah ( work for home ) untuk hakim sebagian besar terutama untuk ibu – ibu semuanya bekerja di rumah untuk menyelesaikan putusan, panitera pengganti ( pp ) hampir semuanya bekerja di rumah dalam menyelesaikan berita acara dan mutasi berita acara” paparnya.

“Pengadil kami tetapkan cukup 1 orang untuk informasi, ptsp 1 orang, jika nanti ada yang penting baru akan kami panggil, di depan cukup 2 orang saja di tambah pengamanan 3 orang, Nah itu adalah langkah – langkah yang kita laksanakan sesuai petunjuk pemerintah, serta sudah barang tentu penunjang itu semua seperti alat – alat kesehatan, kami sediakan bukan hanya di ptsp, kami juga siapkan tempat cuci tangan di depan pintu masuk (wasstafell ), agar setiap yang datang kita arahkan untuk mencuci tangan dulu serta alat pengukur suhu tubuh, jika ternyata melebihi yang di tentukan yaitu 37′, ya tentunya tidak kita izinkan untuk masuk kantor,” Ungkapnya.

Darius juga menerangkan, “untuk pelimpahan perkara baru untuk pidana sudah di kordonasikan sejak di penyidik, penuntut umum sementara tidak ada dulu, untuk perdata kami tidak bisa menerima perkara yang pelimpahannya manual atau pendaftarannya manual kita arahkan untu daftar online melalui E-Card karena sudah tersedia, baik itu gugatan atau permohonan silahkan daftarkan secara online ( E- Card ) nanti akan kami proses namun tetap akan di sidangkan 5/April nanti” teranganya.

“Kecuali kalau itu terkait dengan pidana hak azasi dari terdakwa karena kalau kita tahan terus tanpa dasar itu tidak bisa dan itu kita prioritaskan, Terkait hal – hal lain pada prinsifnya pengadilan sangat mendukung upaya pemerintah dan kita berharap bahwa penularan ini ( Covid-19 ) bisa terputus dalam minggu – minggu ini sehinggga semakin baik dan kembali normal, Supaya masyarakat yang ada kepentingan dengan pengadilan bisa menunda sementara terkait musibah atau apa yang sedang kita alami sekarang sampai keadaan membaik dan kembali normal, sesuai apa yang sudah di sampaikan atau di himbau oleh pemerintah kita,” tutup Darius Naftal.(rb)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional