Menu

Kecamatan Cibinong Data Bantuan & Siap Laksanakan PSBB

  Dibaca : 225 kali
Kecamatan Cibinong Data Bantuan & Siap Laksanakan PSBB
Bogoor, Rakyatbicara.co.id – Akan di berlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ) pada Rabu 15 /April di Kabupaten Bogor dan Kota sebagaimana  yang sudah di berlakukan lebih dahulu di DKI  Jakarta serta Kabupaten lain sebagai penyangga.
Sebagai dampaknya maka Pemerintah pusat, Propinsi serta Kabupaten dan kota, untuk itu khususnya Kabupaten Bogor akan memberikan bantuan melalui Dinas Sosial,  melalui surat edarannya di minta untuk mendata warga masyarakat pada setiap Kecamatannya di setiap Kelurahan ataupun desa.
Untuk mengetahui hal tersebut Rakyatbicara mendatangi dua Kelurahan di Kecamatan Cibinong salah satunya Kelurahan Ciriung. Heru Setiawan menuturkan, Kita sejak awal sudah memberikan arahan pada setiap warga Ciriung, bagaimana harus berprilaku hidup sehat, selalu mencuci tangan, mengurangi bersosialisasi dengan keruman masa. Dan kita sudah lakukan di setiap Rw itu membuat posko pencegahan yang selalu siaga,  ketika ada warga yang di duga ada gejala untuk segera di laporkan pada petugas kesehatan agar segera di cek ,” kata Heru. Senin (13/04/2020).
Heru juga menerangkan, dengan di berlakukannya wajib masker, kelurahannya akan mendapatkan bantuan dari pihak swasta, dan akan di bagikan pada warga yang belum punya masker, selain itu untuk pendataan bantuan, kita akan data semua karna memang sudah di printahkan, untuk warga yang ngontrak, ojol, termasuk walaupun bukan KTP sini tetap kita data dan kita ajukan, ” ucapnya.
“Kalau persiapan antisipasi segala kemungkinan merebaknya virus ini jauh – jauh hari  sudah kita sosialisasikan pada setiap RT /RW, terkait juga RW siaga untuk pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar itu juga sudah kita juga sudah kita sosialisasikan. Namun memang tetap perlu di terapkan kearipan lokal atau kebijakan lingkungan itu sendiri,” ujar lurah Cibinong Sugiyanto pada Rakyatbicara di ruang kerjanya.
” PSBB inikan mengurangi bagi orang asing ” luar ” datang ke daerah tertentu, untuk itu RT RT sudah mulai melakukan langkah yang perlu di antaranya penutupan jalan utama untuk mengurangi atau pembatasan seperti jalan perumhanan kecuali jalan – jalan kecil oleh karnanya harus melibatkan warga – warga kampung secara persuasif .Karna memang nanti dampak PSBB ini sungguh luar terutama pada masyarakat kecil seperti pedagang sayur, jadi kalau persiapan kita sudah antisipasi, termasuk penyediaan masker, karna masker menjadi barang yang langka, untuk itu kita sudah bekerja sama dengan IPSM dan pihak terkait untuk penyedian masker ini.
‘Mengenai pendataan bantuan saya sedikit mengeluhkan, karna hari itu saya terima edarannya sekitar pukul 18: 20 dan di edaran itu mengharuskan data sudah di laporkan pulu 21:00 malam, dan terpaksa teman – teman lebur, alhasil data warga kelurahan Cibinong yang berhasil kita data 4000 lebih, walaupun sampai hari ini masih banyak yang datang,” pungkasnya.
Sementara sekcam Supardi menjelaskan ,” ya kita cukup prihatin karna kondisi dari hari ke hari jumlah ODP, PDP, terkonfirmasi maupun meninggal cukup menaik terus grafiknya, tapi di sisi lain juga sebetulnya kita tidak kurang -kurang setiap hari pak RW dan RT kita arahkan melakukan pencegahan penyemprotan, dan pembentukan RW siaga di mana perannya menunjang program pemerintah sosial distancing, physical distancing dan penggunaan masker namun belum bisa efektif. sehingga kami sambut baik akan di berlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar ini pada Rabu . (15/04/2020) nanti .
‘Untuk pendataan bantuan terdampak ekonomi ada sekitar 5000 lebih data yang kita usulkan untuk mendapatkan bantuan gubernur jawabarat, dan itu data berasal dari non DTKS, karna ada sebagian data dari gubernur itu ada sekitar 100 ribu itu sudah mendapatka PKH dan BLT itu kita coret dan kita ganti dengan data non DTKS yang lain, dan untuk bantua pemeritah pusat ada 11 ribu yang kita ajukan, mudah-mudahan semua bantuan itu dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak ekonominya dari musibah ini. (Roni).
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!





Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional