Menu

Warga RW01 Semper Barat Bangun Dapur Umum Untuk Berdayakan Ekomoni Di Tengah Wabah Covid-19

  Dibaca : 117 kali
Warga RW01 Semper Barat Bangun Dapur Umum Untuk Berdayakan Ekomoni Di Tengah Wabah Covid-19
Jakarta, Rakyat bicara.co.id – Persiapan di setiap lingkungan untuk menghadapi sekaligus memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid19 terus dilakukan. Di RW01 Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing Jakarta Utara, selain melakukan pembatasan aktifitas, masyarakat juga mempersiapkan diri dengan dapur umum mandiri dengan tujuan untuk menghidupkan perekonomian wilayah.
Lurah Semper Barat Benhard Sihotang mengatakan dalam melakukan pemutusan penyebaran Covid-19 warganya membentuk Satgas Covid-19 sendiri. “Pola kerjanya sama dengan Satgas Covid-19 tingkat Kota, tapi ini dibentuk dan lakukan masyarakat tingkat Rukun Warga (RW),” katanya Minggu (19/04/2020).
Selain melakukan isolasi wilayah, Benhard menerangkan jika warga RW01 juga melakukan pemantauan secara berkala kepada masyarakat yang berpotensi atau beresiko tinggi terkena Covid-19. “Melakukan pembatasan akses masuk ke RW01 dan memiliki tim kesehatan yang rutin memonitor warga yang punya resiko tinggi, khususnya yang umurnya 60 tahun, punya riwayat penyakit jantung, diabetes, hipertensi sampai dengan paru-paru,” tambahnya.
Dan yang membedakan dengan lainnya, Benhard menerangkan jika warga RW01 juga membentuk dapur umum yang memaksimalkan potensi di lingkungannya. “Membentuk dapur umum yang beda dengan dapur umum pada umumnya. Dibuat dengan tujuan untuk mensupport warga yang statusnya ODP, terindikasi atau warga yang terdampak Covid-19.
Caranya mensupport dari sisi logistik dengan memberdayakan atau membelinya dari warteg/warung makan di lingkungan RW01. Untuk warteg/ warung makannya juga membeli kebutuhan pokoknya dari masyarakat. Dengan kata lain menghidupkan perekonomian wilayah mereka sendiri,” terangnya. (wbo).
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional