Menu

Terkait Realisasi Dana BOS Ini Kata Kepsek SMA 4 Cibinong Kabupaten Bogor

  Dibaca : 100 kali
Terkait Realisasi Dana BOS Ini Kata Kepsek SMA 4 Cibinong Kabupaten Bogor
Bogor, Rakyatbicara.co.id – Terkait realisasi dana Bos di Sekolah yang di terima di sekolahnya hj. Ellis beberapa waktu yang lalu menjelaskan pada Rakyatbicara saat di jumpai di ruang kerjanya, Senin (08/06/2020).
Bantuan Operasional Sekolah (BOS) merupakan program pemerintah pusat untuk membantu pendanaan biaya operasional sekolah yang dapat digunakan untuk administrasi kegiatan sekolah, penyediaan alat-alat pembelajaran, pembayaran honor, pengembangan perpustakaan, pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah, dan lain-lain.
Dituturkan oleh Elis, Kepala SMAN 4 Cibinong yang didampingi Humas, jumlah dana BOS 2019 untuk setiap sekolah ditentukan berdasarkan banyaknya siswa dan disalurkan melalui Pemerintah Provinsi (transfer daerah).
Ditambahkan pula bahwa, peruntukkan Dana Bantuan Operasional Sekolah sesuai dengan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah SD, SMP, SMA, SMK Tahun 2019 dan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Perubahan Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah 2019.
Setiap sekolah melaporkan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) ke bagian Aset Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan melalui Sistem Informasi Pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah (SIP KEUDA), dalam bentuk Laporan Bantuan Operasional, Laporan Aset, dan Laporan Permendagri.
Selanjutnya, Pencairan Bantuan Operasional  Sekolah Tahun 2019 dilakukan per triwulan (TW) kepada peserta didik  sebesar Rp. 1.400.000/peserta didik/tahun.
Pada tahun 2020 ini, ada 1279 peserta didik SMA Negeri 4 Cibinong yang mendapatkan Bantuan Operasional Sekolah sebesar Rp. 1.500.000/per peserta didik/tahun sesuai dengan data di Dapodik.
Sesuai dengan mekanisme, penerimaan Dana Bantuan Operasional Sekolah dilakukan dalam 3 tahapan. Tahap pencairan pertama sebesar 30 % (bulan Januari s.d. Maret), tahap pencairan kedua sebesar 40 % (bulan April s/d Agustus), dan pencairan ketiga sebesar 30 % (September s.d. Desember).
Pembagian tahapan ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler SD, SMP, SMA, SMK, pungkas hj. Elis. (Rb).
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional