Menu

Kementerian Pertanian Dampingi Kegiatan Bimtek ke II KPN

  Dibaca : 138 kali
Kementerian Pertanian Dampingi Kegiatan Bimtek ke II KPN

Cisarua, Rakyatbicara.co.id – Bimbingan Teknis ke II Komite Penggerak Nawacita “KPN” dengan mengambil tema “Kebun Percobaan KPN” yang di sponsori Pupuk Kujang Bersama Komunitas Alumni Perguruan Tinggi KAPT Berikan Bimbingan Teknis Kelompok Tani dengan komunitas Puncak Hijau Dan kelompok tani yang di adakan di desa cibeurem kecamatan cisarua kabupaten bogor, kamis (9/7/2020).

Bimbingan teknis ini bertujuan agar kelompok tani yang mengikuti pelatihan khusus untuk tanaman bawang putih dan jahe merah dari tenaga ahli di bidan pertanian sekaligus di ajarkan cara untuk membuat pupuk kompos sederhana dan dengan menjaga kelestarian lingkungan hidup serta menjaga ekosistem alam.

Kementerian Pertanian melalui Tim Percepatan Kredit Usaha Rakyat “Amsar A. Dulmanan” saat sesi tanya jawab menerangkan agar “kelompok tani harus lebih detail dalam pendataan tiap-tiap anggota kelompok tani agar anggaran pemerintah dapat terserap sesuai dengan kebutuhan petani dan dapat memberikan kesejahteraan bagi kelompok tani untuk kedepannya bisa lebih mandiri”.

Amsar Dulmanan juga memberikan penjelasan terkait tentang kredit usaha rakyat (KUR) yang dimana program pemerintah harus tepat sasaran hingga bisah bermanfaat untuk para kelompok tani.

“sekarang KUR itu sudah 3 persen bahkan suda di bicarakan menjadi 6 persen karena sudah di jamin oleh negara melalui kementerian pertanian, saya hanya cuman pendampingan bagaimana kita kawal anggaran itu sampai ke badan kita tapi bener-bener,! karena pinjaman itu hanya berkesempatan dua kali, pinjamannya sekitar lima juta sampai dengan lima puluh juta, adapun klasifikasi ke dua lima puluh juta ke atas sampai lima ratus juta, tinggal minjamnya menggunakan kelompok tani atau gabungan kelompok tani” ujar Amsar A. Dulumanan.

Ia juga menambahkan, “setiap kelompok tani harus ada perusahan pendamping sebagai penjamin atau koperasi karena badan hukumnya juga sudah perusahaan”.

Andi Mohammad Rizal Hatta yang juga mewakili PT. PUPUK KUJANG saat sesi tanya jawab mendukung penuh kegiatan kelompok tani,”saya mendukung penuh kegitan kelompok tani ini, saya hadir disini membawa tenaga-tenaga ahli di bidang pertanian, kelompok tani ini nantinya menjadi binaan kami dari PT.Pupuk Kujang, kedepannya apa saja yang di perlukan untuk pertanian akan kami suport penuh untuk kesejahteraan petani” ujar Rizal.

Kegiatan Bimbingan teknis ditutup dengan ceremonial tanam pohon yang wakili dari koordinator KPN.(hed)

KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!





Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional