Menu

Kodim 0426 Lakukan Pembinaan Komsos Cegah Radikalisme dan Separatisme

  Dibaca : 36 kali
Kodim 0426 Lakukan Pembinaan Komsos Cegah Radikalisme dan Separatisme
Tulang Bawang, Rakyatbicara.co.id – Bertempat di Aula atas SMA Negeri 3 Menggala, Kabupaten Tulang Bawang, Kodim 0426 lakukan pembinaan komsos cegah radikalisme dan separatisme dengan tema “Merawat kebhinekaan untuk tangkal radikalisme/separatisme dalam bingkai NKRI” dengan narasumber Pasi Ops Kodim 0426 Kapten Inf Arif Afuan dan Pasi Intel Kodim 0426 Kapten Inf Sutio yang dihadiri sekitar 85 orang, guru dan pelajar SMA Negeri 3 Menggala, Rabu (12/08/2020).
Kapten inf  Sutio mengatakan jika Kabupaten Tulang Bawang hanya menjadi perlintasan  bagi paham Radikalisme.
Kita semua tahu bahwa Ideologi bangsa kita adalah Pancasila, namun kelompok radikalisme ingin mengubah Ideologi bangsa ini sesuai dengan keinginan mereka.
Lanjut Sutio, dari hasil infestigasi dari para anggota kelompok radikalisme yang telah diamankan, ada tiga cara mereka menyebarkan paham radikalisme/ kekerasan, biasanya mereka mengatas namakan agama.
Pertama, penyebaran radikalisme melalui pertemuan langsung. Kapten Sutio mencontohkan, penyebaran paham radikalisme melalui pengajian tertutup dengan jumlah peserta yang terbatas. “Pengajian tertutup ini akan memaksimalkan pemberian doktrin dan mencegah terjadinya bantahan dari orang yang memiliki ilmu agama lebih luas,” kata Sutio.
Kedua melalui jalur ekonomi, mereka mengajak orang orang yang ekonominya lemah untuk bergabung dan mereka pengaruhi. contohnya adalah kelompok Gafatar yang sudah di bubarkan oleh pemerintah.
Dan yang ke tiga adalah melalui teknologi informasi, Mereka memanfaatkan internet untuk mengunggah video dan foto aktivitasnya serta melakukan propaganda dan mengajak masyarakat untuk mengikuti.
Saya berpesan kepada adik adik jangan mudah dipengaruhi ataupun terpengaruh paham radikalisme, karena paham radikalisme hanyalah pemikiran yang sesat.
“Apabila ada orang yang tidak kita kenal dan berusaha mempengaruhi adik- adik seperti yang sudah saya paparkan diatas, agar dilaporkan kepada pihak yang berwajib,” imbuhnya.
Pasi Intel Kodim 0426 juga menekankan, agar adik-adik untuk  perkuat Iman dan selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga tidak mudah terseret paham radikalisme. (Elius).
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional