Menu

Usai Dilanda Hujan Disertai Angin Kencang, Warga Desa Singabraja Gotong Royong Perbaiki Rumah

  Dibaca : 31 kali
Usai Dilanda Hujan Disertai Angin Kencang, Warga Desa Singabraja Gotong Royong Perbaiki Rumah
Bogor, Rakyatbicara.co.id – Sejumlah bangunan di wilayah Kecamatan Tenjo dan Parung Panjang Kabupaten Bogor rusak setelah di guyur hujan deras disertai angin kencang melanda. Kepala Desa Singabraja, Toni Badak mengatakan Hujan disertai ngin kencang terjadi, pada hari Senin (28/9/2020).
“Kejadian itu menyebabkan beberapa pohon tumbang, Angin kencang juga menyebabkan beberapa bangunan milik warga rusak” ungkap Toni.
Ditambahkan Toni, lokasi kejadian pohon tumbang itu berada di area Telkom pada wilayah desa Singabraja. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut dan upaya penanganan selesai oleh sejumlah personil gabungan, TNI-Polri, Satpol PP, IPSM dibantu warga.
Hari ini terlihat, sejumlah warga di Desa Singabraja, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, yang terdampak angin puting beliung, Selasa (29/9/2020) mulai bergotong royong melakukan perbaikan rumah.
Genting rumah yang berhamburan diterjang angin kencang mulai ditata dan diperbaiki. Personel TNI-Polri dan relawan BPBD,IPSM, Kades Babakan, Sat Pol-PP juga ikut bergotong royong melakukan perbaikan atap rumah.
“Sejak pagi tadi kami bersama dengan BPBD Kabupaten Bogor,Kades Babakan (Suwardi Wadin) dan Kades Singabraja (Toni Badak), IPSM Kecamatan Tenjo (Ahmad Pauji), Katar (Abdul Basit), Kadus Babakan (Unar), Jaro Santani, Saepudin perwakilan RT/RW Desa Babakan, TNI-POLRI, POL PP Kecamatan Tenjo,langsung kerja bakti gotong royong memperbaiki rumah yang terdampak angin puting beliun,” kata Raju selaku Ketua IPSM Kecamatan Tenjo.
Kepala Desa Babakan, Suwardi (Wadin) mengatakan, pagi ini pihaknya langsung melakukan tindak lanjut atas kejadian angin puting itu. Pihaknya juga dibantu personel TNI-Polri dan masyarakat ikut membantu dan bergotong royong di desa tetangga (Singabraja) yang terkena musibah hujan disertai angin kencang dimana sudah membuat 17 rumah warga di Desa Singabraja Rusak .
“Ini tindaklanjutnya adalah kerja bakti untuk membenahi kerusakan rumah warga yang terdampak angin puting beliung,” jelas Wadin sapaan akrab Kades Babakan, Selasa (29/09/2020).
Ia mengatakan, begitu dapat kabar ada hujan yang disertai angin kencang (puting beliung) dan hari ini diupayakan kerja bakti atau gotong royong di Desa Singabraja dimana lokasi kejadian berada dirinya langsung  memerintahkan beberapa staf desa untuk ikut andil bergotong royong di desa Singabraja.
Atas kejadian itu, pihaknya selalu mengimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati. Apalagi, menurutnya bulan-bulan ini cuaca yang belum menentu.
“Ya ini bulan diahir tahun 2020 cuacanya tidak menentu. Kami imbau agar masyarakat selalu waspada bencana alam yang sewaktu-waktu terjadi,” Ucap Wadin Kades Babakan yang ikut berpartisipasi dalam kerja bakti dan gotong royong di Desa Singabraja.
“Upaya penanganan yakni kaji cepat dilakukan oleh pihak Desa Singabraja dan penanganan darurat oleh Pihak Kecamatan Tenjo, Satpol PP dan PK, TNI, POLRI, Relawan, dan warga” jelas Epuk, sekdes Singabraja.
Dengan kejadian itu, saepul selaku Sekdes Singabraja berharap agar masyarakat tetap tenang dan meningkatkan kewaspadaan terkait kondisi cuaca yang kurang bersahabat hingga beberapa hari ke depan. (hdr/Parto).
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional