Menu

Buruh Bogor Bergerak Dorong Pemda Bogor Membuat Perda dan Perbup Jamkes dan UHC

  Dibaca : 86 kali
Buruh Bogor Bergerak Dorong Pemda Bogor Membuat Perda dan Perbup Jamkes dan UHC

Bogor, Rakyatbocara.co.id – Puluhan relawan kesehatan dan gabungan Serikat Pekerja/Serikat Buruh se-kabupaten bogor gelar rapat pembahasan tentang perda jaminan kesehatan dan Universal Health Converage (UHC) di ruang serbaguna Kecamatan Citeureup, Minggu (29/11/2020).

Sebanyak 29 perwakilan dari Serikat Pekerja diantarnya FSPMI, FSPKEP, SPITP Indocement, FSPASI, PPMI98, SPDAG, FSPPM, GARTEKS, PSB NIKEUBA, LBH, Tokoh Masyarakat dan relawan kesehatan dari Jamkeswatch dan BPJS Keswatch terlihat hadir dalam pembahasan tentang perjuangan perda Jaminan Kesehatan dan Universal Health Coverage di Kabupaten Bogor.

Dalam rapat tersebut, Heri Irawan perwakilan dari anggota PUK SPL, FSPMI, PT NCNI. yang juga Pernah menjabat sebagai Ketua DPD Jamkeswatch Bogor 2015-2019 dalam diskusinya menyampaikan kendala dimana disaat pekerja/buruh mengalami PHK, Kepesertaan BPJS kesehatannya langsung non aktif, sehingga ketika buruh tersebut sakit dan membutuhkan pelayanan kesehatan tidak lagi dapat di jamin bpjs kesehatan.

“Selain itu juga, Jamkesda kabupaten Bogor dibatasi hanya maximal 7,5jt jika masyarakat Kabupaten Bogor yang belum menjadi peserta JKN-BPJS Kesehatan sakit, dirawat dan biaya melebihi Rp.7,5jt harus membayar selisih biaya, hal itu sangat memberatkan buat masyarakat”. ujarnya.

Dalam rapat tersebut telah disepakati dan Putuskan oleh semua Perwakilan SP/SB dan Relawan Kesehatan Se-Bogor raya dimana Notulen dan Kesepakatan Bersama Demi Terwujudnya Jaminan Kesehatan berbunyi sebagai berikut:

1. Kami SP/SB dan Relawan Kesehatan Se-kabupaten Bogor sepakat dan Komitmen untuk melakukan Pergerakan, Perjuangan Perda Jaminan Kesehatan Daerah Kabupaten Bogor dan Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Bogor 2021.

2. Mendesak Pemerintah Kabupaten Bogor dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor untuk segera melaksanakan Universal Health Coverage (UHC) dan Membuat Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bogor tentang Jaminan Kesehatan di Kabupaten Bogor yang memuat Pekerja/Buruh yang Ter PHK Otomatis menjadi peserta PBI.

3. Telah di bentuk dan di pilih Ketua, Sekretaris dan Bendahara Struktur organisasi Aliansi Relawan Kesehatan Bogor Bergerak sebagai wadah perjuangan Jaminan Kesehatan di Bogor Raya yang tergabung dari berbagai elemen relawan Kesehatan, SP/SB, Media dan Elemen Masyarakat.

4. Melakukan Audiensi dengan Pemkab Bogor dan DPRD Kabupaten Bogor terkait Perda dan Perbup Jaminan Kesehatan dan Universal Health Coverage di Kabupaten Bogor.

5. Sepakat semua SP/SB dan Relawan Kesehatan Se-Bogor Raya untuk menugaskan perwakilannya sebagai pengurus Aliansi Relawan Kesehatan Bogor Bergerak untuk mengawal Jaminan Kesehatan di Bogor Raya.

Rapat gabungan tersebut dihadir juga Aden Artajaya selaku Ketua Jamkeswatch Bogor dan Didin Ketua BPJS Keswatch PPMI98. (hdr).

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!





Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional