Menu

Pilkades Serentak di Kabupaten Belitung Berlangsung Kondisif

  Dibaca : 47 kali
Pilkades Serentak di Kabupaten Belitung Berlangsung Kondisif
Belitung, Rakyatbicara.co.id – Perhelatan Pilkades secara serentak yang tersebar di 15 Desa di Kab. Belitung berlangsung pada minggu 20/12/2020 yang dimulai dari pukul 8.00 wib dan berakhir pada pukul 14.00 wib.
Dari 12 Desa yang ada di Kec.Membalong, 8 diantaranya melaksanakan Pilkades serentak yaitu, Desa Bantan, Simpang rusa, Lasar, Membalong, Mentigi, Gunung riting, Tanjung rusa dan Kembiri. Kali ini Desa yang paling banyak melaksanakan Pilkades di Kab. Belitung adalah Kec. Membalong sebanyak 8 Desa.
Pj. Kades Bantan Edi Siswaya saat ditemui diruang kerjanya dikantor Desa Bantan mengatakan, sehari sebelum pelaksanaan pilkades beliau telah monitoring didesa yang melaksanakan pilkades dan memantau semua persiapan yang berkaitan dengan pilkades. Bahkan kata Edi menginap di kantor desa karena besoknya sudah pelaksanaan pilkades.
Pilkades tahun ini lanjut Edi berjalan lancar dan kondusif khususnya di Desa Bantan. Pelaksanaan dimulai dari pukul 8 pagi dan ditutup pada pukul 14.00 sesuai jadwal yang telah ditentukan dan dilanjutkan ketahap penghitungan suara.
Jika ditahap akhir penghitungan suara dan salah satu calon peraih suara terbanyak sementara dan tidak ada sanggahan dari calon yang lain maka dilanjutkan pleno untuk penetapan kades terpilih.
Jumlah mata pilih di Desa Bantan sebanyak 1836 dan 5 TPS di 3 (tiga) Dusun diantaranya,Dusun Aik malik 2TPS, Dusun Bantan 2 TPS dan Dusun Ilir 1 TPS, sebut edi Siswaya. Dari 1836 pemilih ini lanjut Edi, jumlah pemilih laki-laki sebanyak 955 orang dan perempuan sebanyak 881 orang.
Saat ditanya untuk menghindari kerumunan yang terlalu banyak dengan mata pilih sebanyak 1836 dan hanya 5 TPS di Desa Bantan, Edi Siswaya mengatakan didalam undangan sudah diberitahukan bahwa untuk mengantisipasi hal tersebut karena masih dalam suasana covid, jam pelaksanaan memberi hak pilih warga diatur, jadi bukan datang beramai-ramai lalu masuk secara bersamaan, bukan seperti itu, ujar Edi Siswaya.
Mengingat kondisi covid saat ini warga yang datang menentukan pilihannya tetap dianjurkan untuk mematuhi prokes yang telah ditetapkan Pemerintah. Sebelum masuk ke TPS lanjut Edi, warga lebih dulu cuci tangan dan wajib pakai masker.
Jika ada yang tidak pakai masker,panitia pilkades membagikan masker dan dipakai baru diperbolehkan masuk.
Hasil akhir penghitungan suara dan peraih suara terbanyak sementara saat berita ini diturunkan adalah nomor urut 1(Suhandi) dengan perolehan 415 suara. Dari 1836 mata pilih, hanya 1372 suara sah dan 62 suara tidak sah sementara 402 adalah Golput. (sm).
Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional