Menu

Pembangunan Revitalisasi Pasar Rakyat Ciseeng Bogor

  Dibaca : 118 kali
Pembangunan Revitalisasi Pasar Rakyat Ciseeng Bogor
Bogor, Rakyatbicara.co.id – Pembangunan Revitalisasi atau pembenahan yang mencakup tata cara penempatan pedagang, pembiayaan/permodalan, dan standar operasional prosedur (SOP) pelayanan pasar.
Pemerintah pusat bekerja sama dengan Pemerintah Daerah melakukan pembangunan, pemberdayaan, dan peningkatan kualitas pengelolaan pasar rakyat. Hal ini diatur dalam Undang-Undang No. 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan.
Program Revitalisasi Pasar Rakyat merupakan salah satu bentuk komitmen Kementerian Perdagangan RI untuk meningkatkan daya saing pasar rakyat, meningkatkan kesejahteraan para pedagang melalui peningkatan omzet, mendukung kelancaran logistik dan distribusi bahan kebutuhan masyarakat dan mendorong terjadinya penguatan pasar dalam negeri di era persaingan global yang kian terbuka lebar.
Sedangkan revitalisasi sosial budaya yaitu pembenahan dengan menciptakan lingkungan pasar yang menarik, berdampak positif, dan dapat meningkatkan dinamikan dan kehidupan sosial masyarakat/warga.
Revitalisasi adalah suatu proses atau cara dan perbuatan untuk menghidupkan kembali suatu hal yang sebelumnya terberdaya sehingga revitalisasi berarti menjadikan sesuatu atau perbuatan untuk menjadi vital, sedangkan kata vital mempunyai arti sangat penting atau sangat diperlukan sekali untuk kehidupan dan sebagainya.
Dalam pembangunan pasar rakyat di tiga lokasi tersebut Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Bogor Dr. Nuradi, SH,.MM.,M.Hum Menuturkan, dengan adanya pembangunan revitalisasi pasar rakyat. sekaligus untuk perputaran ekonomi dalam pembenahan dengan meningkatkan pendapatan pedagang dan mengakomodasi kegiatan ekonomi formal dan informal di pasar rakyat.
Maka dinas perdagangan dan perindustrian kabupaten bogor telah menata dan membangun pasar rakyat di tiga lokasi yang berbeda diantaranya pasar Ciseeng, pasar  Cisarua dan pasar Cijeruk. Dalam Hal ini pasar rakyat yang sudah direvitalisasi sekaligus memberikan rasa nyaman dan aman, ungkap Nurhadi kepada rakyatbicara.co.id pada Jumat (18/12/2020) siang.
Pembangunan Revitalisasi pasar rakyat ciseeng, untuk pekerjaan pembangunannya telah di lakukan oleh PT. Kreasindo Fillara Mulya dengan nomor kontrak 027/5.B/kontrak/IX/DAG/2020 pertanggal 04 September 2020 dengan anggaran Rp 2.949.785.000,00 (dua miliar sembilan ratus empat puluh sembilan juta tujuh ratus delapan puluh lima ribu rupiah) mengunakan anggaran (APBD) serta berdasarkan surat perintah mulai kerja (SPMK) pada tanggal 07 September 2020 untuk di lakukan revitalisasi pembangunan pasar rakyat ciseeng.
Yusdiyanto selaku Set Manajer Proyek PT. Kreaksindo Fillara Mulya, berserta Pelaksana Yusuf Sulaiman menuturkan, pembangunan pasar rakyat ciseeng di mulai pada bulan September 2020 hingga Desember 2020 dengan pekerjaan 105 (Seratus Lima) hari kalender.
Pembangunan Revitalisasi pasar rakyat ciseeng oleh PT Kreaksindo Fillara Mulya kini sudah mencapai tahap akhir. Yusuf Sulaiman salah satu pelaksana pembangunan pasar dari PT. Kreaksindo Fillara Mulya mengatakan, untuk pembangunan pasar rakyat ciseeng kali ini  sudah memasuki 100%. Dengan Luas keseluruhan bangunan 672 m2, ketinggian bangunan 10,8 m’ dan Keseluruhan pada kios sebanyak 36 bagunan dengan ukuran 2×2 m Alhamdulillah sudah mencapai 100% hari kerja, ucapnya pada Kamis (17/12/2020) siang.
Yusuf Sulaiman juga menjelaskan Di mulai dengan penetapan leveling bouplank, proses pengeboran pondasi beton bored pile, fabrikasi Tulangan bored pile, proses galian pondasi pile cape dan sloof beton serta di lanjutkan dengan pengecoran pondasi struktur beton mengunakan begisting dan pembesian sloof serta persiapan pengecoran kami mengunakan pompa beton.
Setalah itu selesai, kita lakukan pengurugan situ sebagai pondasi lantai dengan finish struktur beton ketika sudah kami proses erection struktur baja/konstruksi baja. Setelah itu di lakukan pengerjaan arsitektur dinding bata ringan dan di lanjutkan proses pemasangan atap alderon sambil kita lakukan pekerjaan plesteran dinding dan acian. Di lanjutkan pengerjaan cat dasar dinding, cat lapis pertama pada saat PHO, cat sudah 4 lapis pengecatan berikut cat dasar, terangnya. (hdr).
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!




Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional